digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kreatif di Indonesia memberikan kontribusi sebesar Rp749.58 triliun pada kuartal kedua tahun 2024 berdasarkan laporan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Namun salah satu subsektor dari industri kreatif yakni seni pertunjukan masih memiliki hambatan dalam perkembangannya. Hal ini didasari oleh kurangnya pemahaman atas target konsumen dari para seniman sehingga mereka cenderung membuat karya pertunjukan berdasarkan selera dan idealisme mereka. Fenomena ini dirasakan juga oleh JumpWorks sebagai salah satu organisasi bisnis di industri performing arts yang mengakibatkan pertumbuhan pendapatan JumpWorks stagnan. Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan bisnis adalah dengan menerapkan strategi penetrasi pasar yang efektif. Penetrasi pasar adalah strategi perkembangan bisnis yang fokus pada peningkatan penjualan dari produk atau jasa yang sudah ada di pasar saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi penetrasi pasar yang tepat untuk JumpWorks menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam terhadap pakar industri, klein, dan internal tim dari JumpWorks. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa memahami proses bisnis, menganalisis customer journey, mengidentifikasi ekosistem bisnis, serta mempertajam aspek wirausahawan menjadi dasar yang penting dalam merumuskan strategi penetrasi pasar. Variabel-variabel tersebut didapat dari hasil interview mendalam yang kemudian divalidasi melalui proses triangulasi baik dengan sesama narasumber maupun dengan jurnal atau artikel ilmiah. Hasil dari triangulasi mengatakan bahwa peran dari relasi, word-of-mouth, portofolio, personal branding, dan regulasi pemerintah sangatlah penting untuk menunjang keberhasilan JumpWorks dalam melakukan penetrasi pasar. Sehingga dari insight tersebut ditemukanlah aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan JumpWorks dalam merancang strategi penetrasi pasar diantaranya yaitu Ekosistem Bisnis, Aspek Wirausahawan, Client Journey, Proses Bisnis, dan Penetrasi Pasar.