digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Lyra Natasha 17420075
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Enzim merupakan senyawa dalam tubuh yang banyak berperan dalam metabolisme dan dibahas di sekolah dari tingkat SD hingga SMA dengan intensitas materi yang terus meningkat dan memuncak ketika siswa berada di kelas 12. Kompleksitas materi mendorong siswa untuk belajar hanya untuk mengejar nilai tanpa ketertarikan terhadap materi yang dipelajarinya. Untuk meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa diperlukan suatu media pembelajaran yang menarik dan melibatkan siswa secara langsung. Menanggapi permasalahan tersebut, dilakukan perancangan boardgame dengan Augmented Reality sebagai media pembelajaran visual interaktif dengan metode pengumpulan data melalui studi pustaka, wawancara, dan observasi karya sejenis di mana materi sifat-sifat enzim di kelas 12 akan dikemas secara menarik guna meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan menyajikan pelajaran secara menyenangkan. Hasil perancangan berupa boardgame fisik dengan animasi yang diakses melalui AR yang mempermudah pemahaman siswa secara visual dan meningkatkan pengetahuan mengenai enzim dengan cara bermain.