digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Mutia Ramadhani Aziz [17320034]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Laporan ini dilandasi oleh permasalahan mengenai maraknya investasi asing di Indonesia, khususnya Bali, dan ketidaktahuan masyarakat lokal maupun mancanegara mengenai produk tradisional khas Bali yang memiliki potensi untuk dapat bersaing di pasar internasional. Pada kasus ini, topik yang saya angkat yaitu produk perawatan badan tradisional Bali, dengan keunikan bahan dan manfaatnya yang menurut saya sangat disayangkan jika tidak dikenal oleh kalangan luas. Wellness Center dirasa merupakan rancangan yang tepat sebagai sarana promosi dan edukasi bagi pengunjung secara implisit mengenai produk perawatan badan tradisional Bali. Membungkus niat utama untuk mempromosikan produk dengan menjual trend gaya hidup sehat secara menyeluruh, menjadi jalan utama agar pengunjung tertarik untuk mendatangi rancangan tersebut. Dengan menyediakan sarana relaksasi sebagai fasilitas utama, pengunjung juga mendapat edukasi dari fasilitas pengukung seperti pengadaan instalasi wewangian dan pada setiap area relaksasi. Diharapkan setelah mendapat informasi dan promosi yang menarik, pengunjung akan lebih paham dan ingin untuk membeli produk yang tersedia pada fasilitas retail. Pendekaatan pariwisata dipilih untuk perancangan ini karena dirasa dapat berkesinambungan dengan objektif perancangan yaitu untuk menambah daya tarik produk domestik.