Dalam pelayanan publik seperti di bandar udara, panjangnya antrian dipakai sebagai acuan
kinerja pelayanan karena menyangkut kepuasan pelanggan. Namun pemantauan antrian
seringkali masih dilakukan secara manual sehingga hanya sesekali dilakukan. Penelitian ini
bertujuan untuk membuat sistem pemantauan antrian secara otomatis yang dapat melakukan
analisis sepanjang waktu. Metode yang digunakan di penelitian ini adalah membuat
purwarupa sistem analisis antrian menggunakan visi komputer. Teknologi yang digunakan
adalah YOLO (You Only Look Once) untuk mendeteksi obyek dan program Python untuk
menghitung parameter kunci seperti service time, service rate, interarrival time, arrival rate,
dan utilisation factor. Hasil purwarupa menunjukan bahwa perhitungan secara otomatis
dibandingkan dengan perhitungan manual secara rata-rata memiliki persentase galat service
time sebesar 20,41%, dan rata-rata galat untuk arrival rate di angka 41,72%. Hal ini
dikarenakan sistem masih menggunakan YOLOv4 apa adanya tanpa pelatihan ulang.
Walaupun galat masih besar, sistem secara umum menunjukkan karakteristik yang benar
dalam menggambarkan kondisi antrian dan dapat disempurnakan dengan pelatihan weights
YOLO yang dikhususkan terhadap deteksi manusia.. Hasil studi ini meletakkan dasar untuk
pengembangan sistem analisis antrian secara otomatis yang bermanfaat untuk menjaga
tingkat pelayanan publik di bandar udara.