Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Dengan meningkatnya fidelitas dari game yang dikembangkan pada beberapa tahun
ini, spesifikasi komputer untuk memainkan game yang baru kian meningkat. Hasil
dari kenaikan ini adalah meningkatnya harga yang perlu dikeluarkan oleh pengguna
unutk memainkan suatu game. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang dapat
memberikan akses konsumer – konsumer yang tidak ingin melakukan investasi ke
gaming PC, ke PC secara remote untuk digunakan dalam bermain game. Sistem ini
dinamakan cloud gaming. Sistem dari cloud gaming yang akan dirancang meliputi
beberapa subsistem, yaitu subsistem backend, subsistem automasi, subsistem
network, subsistem hardware, dan terakhir subsistem frontend, subsistem
monitoring (client dan server). Subsistem yang akan diimplementasikan pada
dokumen ini adalah subsistem backend dan subsistem monitoring klien. Subsistem
backend akan diimplementasikan dengan desain arsitektur berupa microservice
dimana API akan dibuat menggunakan bahaaa Golang. Adapun database yang akan
digunakan adalah database relasional (PostgreSQL). Untuk implementasi
penghubungan client dengan server menggunakan VPN. Untuk subsistem client
monitoring, diguanakn bahasa python untuk memantau load aplikasi moonlight dan
QoS cloud gaming. Dari implementasi yang telah dikembangkan, diperoleh hasil
performa API yang sesuai ekspektasi dengan maksimum latensi sebesar 300 ms
dengan througput 40 request/s. Selain itu, API hanya perlu menggunakan dua thread
CPU dengan total ram sebesar 1.5 GB dalam menagani load tersebut. Adapun untuk
subsistem client monitroing, pada pengujian telah berhasil didapatkan metrik
metrik QoS cloud gaming yang diperoleh dari moonlight dan load aplikasi dari
moonlight, seperti CPU usage, Memory ysage, dan bandwidth. Dari penelitian,
kami dapat simpulkan bahwa metode monitoring moonlight ini masih belum
terimplementasikan pada penelitian lain. Dari data yang diperoleh, untuk PC client
dengan spesifikasi 6 Core (12 Threads) CPU, 8 GB RAM, dan Igpu, dan juga preset
1080p60, diperoleh CPU utilisasi sebesar 3% (36% untuk utilisasi Single Thread),
RAM yang dipakai sebesar 190 MB, dengan bandwidth yang dipakai sebesar 2.5
Mbps (40 Mbps) untuk downspeed. Adapun latensi yang diperoleh berada pada
nilai 1 ms (kondisi normal dan kondisi load dengan 200 Mbps background traffic)