digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Erica Bridgette 17320051
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Pendidikan merupakan pilar penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Namun, kualitas pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk banyaknya anak yang mengalami tantrum di sekolah, kesulitan fokus saat pembelajaran, interaksi sosial yang kurang baik antar siswa, dan pola asuh orang tua yang terlalu memanjakan anak. Masalah-masalah ini diperparah oleh beban kerja guru yang berat dan dampak negatif pandemi COVID-19 terhadap pendidikan. Kecerdasan emosional dipandang sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, karena dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengontrol emosi, bertanggung jawab, dan fokus terhadap pendidikan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang interior sekolah dasar di Bandung dengan pendekatan kecerdasan emosional. Desain interior yang diusulkan bertujuan untuk mendukung perkembangan kecerdasan emosional anak dan meningkatkan interaksi positif antara siswa dan guru, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan suportif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei, observasi, wawancara, dan kajian literatur untuk memahami kebutuhan dan tantangan yang ada. Diharapkan, hasil perancangan ini dapat memberikan panduan praktis dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih positif dan mendukung seluruh proses kegiatan belajar mengajar secara maksimal.