Abstrak Erica Bridgette 17320051
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Pendidikan merupakan pilar penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Namun,
kualitas pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk
banyaknya anak yang mengalami tantrum di sekolah, kesulitan fokus saat
pembelajaran, interaksi sosial yang kurang baik antar siswa, dan pola asuh orang
tua yang terlalu memanjakan anak. Masalah-masalah ini diperparah oleh beban
kerja guru yang berat dan dampak negatif pandemi COVID-19 terhadap
pendidikan. Kecerdasan emosional dipandang sebagai solusi yang tepat untuk
mengatasi tantangan-tantangan ini, karena dapat meningkatkan kemampuan anak
dalam mengontrol emosi, bertanggung jawab, dan fokus terhadap pendidikan
mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang interior sekolah dasar di Bandung dengan
pendekatan kecerdasan emosional. Desain interior yang diusulkan bertujuan untuk
mendukung perkembangan kecerdasan emosional anak dan meningkatkan interaksi
positif antara siswa dan guru, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang
kondusif dan suportif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei,
observasi, wawancara, dan kajian literatur untuk memahami kebutuhan dan
tantangan yang ada. Diharapkan, hasil perancangan ini dapat memberikan panduan
praktis dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih positif dan mendukung
seluruh proses kegiatan belajar mengajar secara maksimal.