ABstrak Bianca Masrsha Susanto 17520017
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan
Industri kosmetik mengalami pertumbuhan pesat, terutama dengan munculnya
Generasi Z sebagai segmen pasar yang paling berpengaruh. Generasi ini menunjukkan
kecenderungan untuk terhubung dengan teknologi, peduli terhadap kesehatan mental,
dan menginginkan produk kosmetik yang mendukung kesejahteraan emosional. Sebagai
respons, inovasi produk kosmetik telah mengintegrasikan teknologi dan elemen
kesejahteraan emosional, seperti merancang device companion berbentuk kemasan
eksklusif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana desain kemasan
kosmetik ini memengaruhi kesejahteraan emosional Generasi Z, dengan harapan dapat
memperkuat loyalitas merek dan kepuasan konsumen. Metodologi penelitian mencakup
studi literatur, studi kasus, survei, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
banyak Generasi Z memperhatikan kesejahteraan emosional, dan perangkat kemasan
kosmetik dapat menjadi alat yang membantu mereka mengelola emosi melalui relaksasi,
mendengarkan, dan memberikan afirmasi positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk
memajukan Generasi Z agar tetap produktif dan menghargai diri mereka sendiri, demi
masa depan yang lebih baik.