digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Smara Coffee merupakan salah satu UMKM di kota Bandung yang bergerak di bidang industri makanan dan minuman. Berdiri sejak Mei 2022, Smara Coffee telah melakukan beberapa strategi untuk mencapai objektifnya, yaitu peningkatan penjualan. Berbagai hal telah dilakukan, salah satunya strategi pemasaran melalui kanal secara langsung, sosial media, hingga penawaran menu serta layanan yang bervariasi. Namun, seluruh usaha tersebut masih belum memberikan dampak signifikan dan setelah 2 (dua) tahun beroperasi, objektif pun masih belum tercapai. Penyebab dari permasalahan ini ialah dikarenakan Smara Coffee belum menerapkan strategi pemasaran khusus pada tujuannya masing – masing yaitu, retensi dan akuisisi. Pada penelitian ini sendiri akan berfokus pada strategi pemasaran dengan tujuan akuisisi pelanggan terutama ranah brand awareness. Penelitian akan diawali dengan wawancara awal kepada objek penelitian, Smara Coffee untuk mendapatkan gambaran akan kondisi exsisting dan gejala permasalahannya. Kemudian, dilanjutkan dengan penyusunan pendahuluan . dan studi literatur. Setelah itu, akan dilakukan perancangan metodologi penelitian yang diikuti dengan pengambilan serta pengolahan data. Tahap akhir yang akan dilakukan ialah analisis termasuk perancangan solusi berdasarkan hasil data primer yang diperoleh. Pengambilan data akan menggunakan metode penyebaran kuesioner yang mengacu pada model dari Nguyen dkk. (2024). Kemudian, untuk pengolahan data akan menggunakan pendekatan PLS – SEM dikarenakan pada penelitian tidak dilakukan penolakan suatu teori. Berdasarkan hasil pengambilan dan pengolahan data maka akan dirancang strategi pemasaran untuk melakukan akuisisi pelanggan yang berfokus pada generasi z melalui sosial media TikTok. Hasil dari data menunjukkan bahwa konstruk yang berpengaruh positif dan signifikan ialah bertema entertainment, mengandung trends, berisi storytelling, dan adanya E – WOM pada konten. Maka dari itu, keempat aspek tersebut yang dikembangkan menjado rancangan strategi pemasaran pada Smara Coffee.