Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Smara Coffee merupakan salah satu UMKM di kota Bandung yang bergerak di bidang
industri makanan dan minuman. Berdiri sejak Mei 2022, Smara Coffee telah melakukan
beberapa strategi untuk mencapai objektifnya, yaitu peningkatan penjualan. Berbagai hal
telah dilakukan, salah satunya strategi pemasaran melalui kanal secara langsung, sosial
media, hingga penawaran menu serta layanan yang bervariasi. Namun, seluruh usaha
tersebut masih belum memberikan dampak signifikan dan setelah 2 (dua) tahun beroperasi,
objektif pun masih belum tercapai. Penyebab dari permasalahan ini ialah dikarenakan
Smara Coffee belum menerapkan strategi pemasaran khusus pada tujuannya masing –
masing yaitu, retensi dan akuisisi. Pada penelitian ini sendiri akan berfokus pada strategi
pemasaran dengan tujuan akuisisi pelanggan terutama ranah brand awareness.
Penelitian akan diawali dengan wawancara awal kepada objek penelitian, Smara Coffee
untuk mendapatkan gambaran akan kondisi exsisting dan gejala permasalahannya.
Kemudian, dilanjutkan dengan penyusunan pendahuluan . dan studi literatur. Setelah itu,
akan dilakukan perancangan metodologi penelitian yang diikuti dengan pengambilan serta
pengolahan data. Tahap akhir yang akan dilakukan ialah analisis termasuk perancangan
solusi berdasarkan hasil data primer yang diperoleh.
Pengambilan data akan menggunakan metode penyebaran kuesioner yang mengacu pada
model dari Nguyen dkk. (2024). Kemudian, untuk pengolahan data akan menggunakan
pendekatan PLS – SEM dikarenakan pada penelitian tidak dilakukan penolakan suatu teori.
Berdasarkan hasil pengambilan dan pengolahan data maka akan dirancang strategi
pemasaran untuk melakukan akuisisi pelanggan yang berfokus pada generasi z melalui
sosial media TikTok. Hasil dari data menunjukkan bahwa konstruk yang berpengaruh
positif dan signifikan ialah bertema entertainment, mengandung trends, berisi storytelling,
dan adanya E – WOM pada konten. Maka dari itu, keempat aspek tersebut yang
dikembangkan menjado rancangan strategi pemasaran pada Smara Coffee.