Jembatan tipe PCI Girder merupakan jenis jembatan yang paling digunakan pada pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Tipe PCI Girder tersebut sangat bervariasi desainnya bergantung pada konsultan desain yang merencanakannya. Umumnya aspek biaya pada perencanaan desain PCI Girder tidak diperhitungkan, padahal biaya pekerjaan PCI Girder memiliki pengaruh besar terhadap total biaya konstruksi bagian atas jembatan. Atas dasar hal tersebut, evaluasi dan optimasi desain PCI Girder diperlukan untuk menghemat biaya konstruksi jembatan di jalan tol Trans Sumatera. Evaluasi dan optimasi PCI Girder dilakukan dengan memodelkan varisi PCI Girder dan variasi lebar jembatan dengan menggunakan software analisa struktur MIDAS Civil. Untuk variasi PCI girder berjumlah 16 tipe Girder sedangkan untuk lebar jembatan sebanyak 4 variasi. Setiap model dievaluasi kapasitas penampang meliputi tegangan, defleksi, lentur ultimit dan geser ultimit serta dihitung juga biaya struktur bangunan atas dari model tersebut. Optimasi dilakukan dengan mengubah CTC Girder pada model yang memberikan nilai biaya paling minimum dan memenuhi kriteria terhadap hasil evaluasi kapasitas penampangnya juga. Berdasarkan hasil analisis, optimasi PCI Girder untuk varisi lebar jembatan, tipe Girder dan CTC yaitu lebar jembatan 7,5 m dengan tipe Girder 30C, 35A, 40C dengan CTC 2,2 m; lebar jembatan 9 m dengan tipe Girder 16B, 25B, 30C, 35A, 40C dengan CTC 2,4 m; lebar jembatan 12,7 dengan tipe Girder 16B dengan CTC 2,2 m dan tipe Girder 25B, 30C, 35A, 40C dengan CTC 2,55 m; lebar jembatan 17,8 m dengan tipe Girder 16B dengan CTC 2,3 m dan tipe Girder 25B, 30C, 35A, 40C dengan CTC 2,55 m. Hasil optimasi PCI Girder dapat memberikan pengurangan biaya sebesar 20,97% untuk biaya struktur atas jembatan.