digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak Dita Jumanto
PUBLIC Open In Flip Book Noor Pujiati.,S.Sos

Self-ticketing machine di bioskop hadir sebagai solusi untuk mengatasi antrean panjang saat pengunjung membeli tiket. Namun pada implementasinya, banyak pengunjung yang mengalami kesulitan saat mengoperasikan mesin tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala penggunaan tampilan antarmuka serta pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan self-ticketing machine. Metode yang digunkan dalam penelitian ini meliputi pengujian usabilitas dan pengukuran pengalaman pengguna menggunakan user experience questionnaire (UEQ). Penelitian ini melibatkan 125 responden yang pernah menggunakan self-ticketing machine sebelumnya. Pada pengujian usabilitas, responden diberikan tugas untuk melakukan pembelian tiket, pencetakan tiket dan mengakses halaman riwayat transaksi. Setelah menyelesaikan pengujian usabilitas, responden memberikan penilaian pengalaman pengguna melalui kuesioner pengalaman pengguna (UEQ). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tampilan antarmuka yang membingungkan pengguna sehingga berdampak pada waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh tugas yang diberikan. Hasil UEQ pada aspek stimulasi bernilai rendah, yang mengindikasikan bahwa selfticketing machine cenderung kurang menarik dan kurang memotivasi pengguna untuk menggunakannya. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perlunya perbaikan desain antarmuka yang lebih intuitif, menarik, dan sederhana guna meningkatkan kemudahan dan ketertarikan pengguna dalam mengoperasikan selfticketing machine.