digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Fadhil Sukmanurahmat Budiardjo
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Sistem informasi merupakan suatu sistem yang dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan dan mengelola data sehingga menghasilkan informasi untuk membantu pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang diperoleh. ELS Academy merupakan sebuah akademi basket yang meningkatkan skill atlet berdasarkan performa atlet. ELS Academy memiliki permasalahan pada penentuan strategi latihan yang kurang tepat, sehingga dapat mengakibatkan latihan yang diberikan kepada atlet kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi dan interface yang dapat membantu penentuan strategi latihan berdasarkan performa atlet saat berlatih. Penelitian ini menggunakan dua metode yaitu Prototyping dan Usability Testing. Metode Prototyping digunakan untuk perancangan informasi secara iteratif yang mencakup identify an end user’s business requirements, develop business system prototypes, revise the prototypes to better meet end-user requirements, dan use and maintain the accepted business system. Metode Usability testing digunakan untuk mengukur sejauh mana suatu sistem dapat digunakan oleh pengguna sehingga dapat mencapai tujuan tertentu. Usability testing dilakukan kepada internal perusahaan dengan mengukur efektivitas menggunakan success rate, efisiensi menggunakan average time on task, dan kepuasan pengguna menggunakan kuesioner The System Usability Scale. Berdasarkan perancangan sistem informasi dan usability testing yang telah dilakukan, diperoleh hasil rancangan sistem informasi ELS Academy yang tervalidasi dan terverifikasi terhadap identifikasi kebutuhan dan system improvement objective ELS Academy. Berdasarkan hasil pengukuran efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna, sistem informasi ELS Academy yang telah dirancang dapat berfungsi secara efektif, efisien, dan memberi kepuasan pengguna dengan nilai kuesioner SUS sebesar 70,5 dari 100 yang memiliki room for improvement untuk meningkatkan kepuasan pengguna.