digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Mohammad Alfian Syah Siregar
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Mohammad Alfian Syah Siregar
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Mohammad Alfian Syah Siregar
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Mohammad Alfian Syah Siregar
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Mohammad Alfian Syah Siregar
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Mohammad Alfian Syah Siregar
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Mohammad Alfian Syah Siregar
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Bank Sunray adalah bank swasta yang telah meneruskan kebijakan remote working untuk sebagian karyawannya meskipun pandemi COVID-19 di Indonesia telah dianggap selesai dengan harapan agar karyawannya dapat bisa lebih menyeimbangkan kehidupan kerja dan kehidupan pribadinya serta agar level keterikatan karyawan meningkat. Diketahui bahwa pada tahun 2023, nilai keterikatan karyawan di department Branch Banking Support menjadi yang terendah dibandingkan departemen lain, sementara departemen Branch Banking Support ini adalah satu-satunya departemen yang melaksanakan remote working di divisi Branch Banking. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebijakan remote working terhadap keterikatan karyawan, dengan dibantu oleh beberapa metode analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Faktor Struktural seperti Kejelasan Kriteria Pekerjaan dan Kemandirian Kerja serta Faktor Relasional seperti Kepercayaan Antar Individu dan Isolasi Sosial adalah memiliki hubungan yang signifikan secara statistik kepada engagement karyawan, sementara Faktor Kontekstual seperti Perubahan Lokasi Kerja dan Gangguan Yang Dirasakan, secara statistik tidak memiliki pengaruh kepada keterikatan karyawan. Penulis merekomendasikan agar kebijakan remote working yang sudah berjalan perlu dievaluasi dengan menambahkan perbaikan di sisi komunikasi antar karyawan, hubungan antar karyawan dan kejelasan kriteria pekerjaan agar engagement karyawan di Branch Banking Support bisa meningkat.