digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Naufal Aflah Hibatullah
PUBLIC Irwan Sofiyan

Keterbatasan bahan bakar fosil merupakan suatu permasalahan yang menjadi perhatian dunia yang berdampak signifikan pada bidang transportasi, sehingga diperlukan pengembangan kendaraan dengan sumber energi alternatif. Pada saat ini, kendaraan listrik merupakan tren global dan menjadi alternatif solusi untuk permasalahan energi yang ada. Akan tetapi tren kendaraan listrik di Indonesia lebih berfokus pada kendaraan pribadi yang mengakibatkan permasalahan seperti kemacetan tidak terselesaikan. Terdapat beberapa kendaraan listrik yang digunakan sebagai transportasi massal di Indonesia, di antaranya adalah KRL, MRT, LRT, dan bus listrik ukuran besar. Sayangnya, kendaraan tersebut memiliki aksesibilitas terbatas sehingga pengembangan bus listrik ukuran sedang menjadi dibutuhkan untuk meningkatkan jangkauan kendaraan listrik sebagai moda transportasi. Proses perancangan bus listrik ukuran sedang terdiri dari beberapa proses perancangan sistem dan komponen, di antaranya sistem penggerak dan struktur chassis yang menjadi topik tesis ini. Proses perancangan sistem penggerak dan struktur chassis dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi berupa regulasi pembatas, produk yang ada, dan referensi pembatas yang mana informasi ini menjadi persyaratan perancangan yang harus dipenuhi. Setelah dilakukan penentuan persyaratan perancangan, maka langkah selanjutnya melakukan analisis sistem penggerak, pembuatan konfigurasi tata letak komponen, dan analisis struktur chassis yang mengacu pada konstruksi dan konfigurasi tata letak komponen. Setiap kegiatan tersebut harus dipastikan bahwa rancangan yang dihasilkan harus memenuhi persyaratan perancangan yang ada, di antaranya adalah sistem penggerak mampu berakselerasi sebesar 1 m/detik2 atau melaju dengan kecepatan konstan sebesar 50 km/jam pada kemiringan jalan 10%, rancangan struktur chassis harus memenuhi persyaratan perancangan yang di antaranya adalah regulasi Permenhub No. 175 Tahun 2015, dan standar INEN NTE 1323:2009, yang mana seluruh persyaratan perancangan tersebut terpenuhi oleh rancangan sistem penggerak dan struktur chassis yang telah dibuat.