digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Suatu perkerasan yang baik harus mampu memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi penggunanya. Saat ini kecelakaan lalu lintas masih menjadi tantangan besar bagi pengguna jalan. kecelakaan lalu lintas yang terjadi akibat slip dapat diminimalisir dengan meningkatkan kinerja skid resistance permukaan jalan. skid resistance dibutuhukan untuk memberikan gesekan yang cukup bagi ban kendaraaan dan permukaan jalan terutama pada kondisi hujan. Pemanfaatan Steel Slag Aggregate (SSA) sebagai pengganti agregat kasar diharapkan dapat mengurangi penggunaan agregat alam sekaligus dapat meningkatkan nilai initial skid resistance pada campuran Stone Mastic Asphalt (SMA) karena memiliki permukaan yang lebih kasar dan bentuk yang lebih kubikal dibandingkan agregat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan SSA terhadap kinerja skid resistance. Pengujian akan dilakukan pada kadar penggunaan SSA sebanyak 0%, 30%, 50%, 75% dan 100%. Pengujian dilakukan pada Kadar Aspal Optimum (KAO) masing – masing kadar penggunaan SSA. Indikator skid resistance yang akan dianalisis adalah PSV pada agregat kasar, British Pendulum Tester (BPT) untuk melihat kinerja mikrotekstur perkerasan dan Sand Patch untuk melihat kinerja makrotekstur perkerasan. Dari hasil pengujian volumetrik dan stabilitas marshall didapat KAO untuk variasi SSA 0%, 30%, 50%, 75% dan 100% adalah sebesar 7.06%, 6.94%, 6.9%, 6.64% dan 5.96%. Penggunaan SSA sebagai pengganti agregat kasar konvensional dapat meningkatkan nilai stabilitas marshall campuran SMA. Pada kadar SSA 75% dan 100% campuran yang dihasilkan tidak memenuhi persyaratan dari parameter VMA, sehingga penggunaan 75% dan 100% tidak direkomendasikan digunakan pada campuran SMA. Dari pengujian PSV menunjukkan jika penggunaan SSA dapat meningkatkan nilai PSV agregat kasar. Hasil pengujian BPT menunjukkan jika penggunaan SSA dapat meningkatkan nilai initial skid resistance pada campuran SMA. Hasil pengujian sand patch menunjukkan penggunaan SSA sebanyak 50% akan memberikan nilai kedalaman tekstur yang paling besar. Penggunaan SSA sebagai pengganti agregat kasar konvensional dalam campuran SMA dapat memberikan solusi terhadap penggunaan agregat konvensional sekaligus meningkatkan kinerja skid resistance pada campuran SMA.