digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project_Amaania Rizkia - 19215068.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Sekarang ini, perkembangan teknologi adalah salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Salah satu dampak dari perkembangan teknologi adalah penggunaan saluran pemasaran berbasis online oleh bisnis. Dengan demikian, bisnis cenderung menggunakan pemasaran digital dan mulai meninggalkan saluran tradisional sehingga mereka dapat beradaptasi dengan perubahan. Banyak program pemerintah juga diadakan untuk mempromosikan bisnis menggunakan digital untuk bisnis mereka. Meskipun demikian, tidak selalu semua industri bisnis cocok untuk menerapkan saluran pemasaran digital. Salah satu industri yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah industri furnitur, karena pelanggan perlu merasakan pengalaman dengan produk sebelum mereka memutuskan untuk membeli. Jadi, ada situasi dilema untuk bisnis furnitur untuk memutuskan saluran pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan multichannel marketing dalam bisnis furnitur untuk keputusan pembelian pelanggan. Pemasaran multichannel yang dianalisis terdiri dari saluran tradisional, saluran digital, dan jaringan sosial dan masing-masing terdiri dari beberapa saluran pemasaran. Studi ini akan dilakukan pada pembeli furnitur dan pembeli dekorasi rumah di Bandung dan Jakarta dengan usia mulai dari kurang 20 tahun sampai lebih besar dari 49 tahun. Lalu data akan diolah menggunakan analisis deskriptif dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis, saluran tradisional adalah saluran yang paling disukai untuk memengaruhi keputusan pembelian, lebih spesifik adalah toko dan event. Untuk saluran pemasaran lainnya dapat digunakan sebagai saluran pemasaran pendukung untuk membuat pelanggan lebih mudah dalam mencari produk. Untuk saluran yang paling potensial untuk dikembangkan yang dapat mempengaruhi pembelian pelanggan adalah Instagram karena Instagram memiliki skor setuju pada beberapa hasil analisis. Strategi pemasaran yang dapat diimplementasikan untuk bisnis furnitur adalah saluran pemasaran dalam multichannel marketing dikelompokkan berdasarkan beberapa kategori seperti promosi, pengalaman produk, dan komunikasi. Dalam kategori promosi ini terdiri dari beberapa saluran untuk promosi produk seperti Facebook, Instagram, pencarian berbayar dan situs web. Kemudian untuk kategori yang paling mempengaruhi adalah pengalaman produk, yang di mana pelanggan dapat merasakan produk sebelum membeli, dan saluran pemasarannya adalah toko dan acara. Yang terakhir adalah kategori komunikasi dengan email sebagai channel, dalam kategori ini memungkinkan pelanggan sebelumnya untuk tetap berkomunikasi dengan sebuah bisnis. Oleh karena itu, dianjurkan untuk bisnis furnitur untuk dapat menerapkan pemasaran multichannel karena memiliki dampak positif terhadap keputusan pembelian