digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Final Project - Shifa Triannisa - 19215040.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Di Indonesia, saat ini orang sering mencari akun belanja online di Instagram. Instagram telah menjadi media sosial paling populer di seluruh dunia. Fungsinya sebagian diubah menjadi media untuk tujuan pemasaran bagi sebagian besar bisnis. Selain itu, sebagian besar merek lokal Indonesia menggunakan instagram sebagai media untuk memperkenalkan dan menjual produk, dan Instagram menjadi media konvensional untuk menemukan akun belanja online. Kutulis Kata sebagai studi kasus dalam penelitian ini, menggunakan Instagram sebagai tempat pemasaran dan penjualan mereka. Media sosial telah digunakan sebagai alat utama untuk kegiatan pemasaran. Melalu media sosial, merek juga dapat membangun citra merek mereka. Citra merek akan memberikan kesan pertama tentang merek dari persepsi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh citra merek dapat mempengaruhi niat terhadap belanja online melalui Instagram produk notebook. Survei dilakukan menggunakan skala Likert lima poin dan kuesioner dibagikan kepada pengikut Instagram Kutulis Kata, dan 250 responden terkumpulkan. Analisis regresi linier dan korelasi sederhana digunakan untuk melihat pengaruh antara citra merek dan niat belanja online. Hasilnya, dalam hal ini, menunjukkan bahwa niat belanja online dipengaruhi sebesar 37,1% dari pelanggan dengan citra mereknya. Penelitian ini akan membantu bagi perusahaan notebook dalam mempertimbangkan strategi branding mereka di Instagram dengan membangun citra merek.