digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Renando Rizki Pratama
PUBLIC Alice Diniarti

Penelitian ini berfokus pada pengamatan deformasi struktur jembatan akses keluar tol KM 149 Jalan Tol Purbaleunyi. Pengamatan deformasi struktur jembatan dilakukan karena sebelumnya terdapat pilar-pilar jembatan yang mengalami keretakan dan telah diperbaiki. Pengamatan deformasi struktur jembatan dilakukan pada fase operasional sehubungan dengan dibukanya akses jembatan tersebut pada tanggal 25 Juli 2023 dengan akses terbatas yang hanya boleh dilalui oleh kendaraan kecil dengan tinggi kurang dari 2.1 meter sehingga dibutuhkan pengamatan deformasi struktur jembatan secara kontinu dan jangka panjang. Robotic Total Station (RTS) dipilih sebagai instrumen yang cocok dalam penelitian ini karena kemampuannya untuk melakukan pengukuran deformasi secara kontinu, otomatis, dan mampu mencakup target yang berada dibawah struktur jembatan. RTS memiliki keunggulan dalam meminimalkan kesalahan sistematis dan blunder. Salah satu kontributor kesalahan sistematik yang signifikan dalam pengukuran RTS secara kontinu adalah pengaruh efek atmosfer yang mana terbukti dalam penelitian ini semua data ukuran RTS memiliki fluktuasi harian yang diduga disebabkan oleh pengaruh kondisi atmosfer. Oleh karena itu, penelitian ini melibatkan pengukuran deformasi jembatan secara jangka panjang selama 62 hari dengan interval data 10 menit secara kontinu menggunakan RTS dan Automatic Weather Station (AWS) untuk koreksi kondisi atmosfer sebagai salah satu kontributor kesalahan sistematik yang cukup signifikan. Harapannya dengan menggunakan model koreksi atmosfer dapat meminimalkan fluktuasi harian data sehingga deformasi dapat dideteksi secara data tidak hanya dari trend data. Hasil analisis deformasi menunjukan tren pergerakan di semua titik pengamatan. Namun, pengamatan total station terkoreksi menunjukan bahwa nilai standar deviasi terkoreksi lebih tinggi dibandingkan nilai standar deviasi sebelum terkoreksi sehingga koreksi atmosfer tidak dapat diaplikasikan kepada data. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam pengembangan metode monitoring deformasi struktur jembatan khususnya dengan menggunakan instrumen RTS dengan tingkat akurasi yang tinggi.