digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

13517042 Muhammad Nobel Fauzan.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Kemampuan pendengaran, yang juga dikenal sebagai aural skills, memiliki peran yang sangat penting bagi para musisi atau siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan musiknya secara umum. Namun, pelatihan dan latihan kemampuan ini seringkali dihadapkan pada tantangan tersendiri. Aktivitas latihan sering dianggap membosankan dan prosesnya cenderung lambat. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan merancang interaksi desain untuk aplikasi mobile ear training yang menekankan aspek engagement. Salah satu pendekatan yang dipilih untuk meningkatkan aspek tersebut adalah melalui penggunaan elemen gamifikasi. Keputusan ini didasarkan pada berbagai penelitian yang menunjukkan dampak positif elemen gamifikasi terhadap engagement dan proses pembelajaran secara umum. Dalam tugas akhir ini, prototipe aplikasi telah diuji menggunakan berbagai metrik seperti System Usability Scale (SUS), pertanyaan berskala yang menekankan aspek engagement, dan pertanyaan-pertanyaan kualitatif. Hasil pengujian menunjukkan adanya pengaruh positif dari elemen gamifikasi terhadap tingkat engagement pengguna.