digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Christian Albert Hasiholan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

Penggunaan Virtual Reality (VR) dalam edukasi berpotensi untuk meningkatkan pemahaman konsep yang kompleks melalui pengalaman interaktif. Oleh karena itu dikembangkan sebuah aplikasi VR edukasi tentang aktivitas matahari. Gamifikasi turut ada dalam aplikasi VR ini yang diwujudkan dalam bentuk eksplorasi secara terpandu untuk mengelilingi matahari. Di sisi lain, interaksi pengguna juga menjadi perhatian karena berdampak pada efektivitas aplikasi. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan interaksi pengguna berbasis hand tracking untuk mendeteksi gestur tangan. Interaksi yang dikembangkan meliputi interaksi dengan objek dan elemen UI, gestur pinch untuk mengubah ukuran dan posisi gambar, serta gestur swipe untuk navigasi UI. Pengujian dilakukan terhadap pengaruh edukasi dengan pre-test dan post-test, juga usability dengan SUS dan SEQ kepada mahasiswa. Pengujian pengaruh edukasi menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 5,86 menjadi 7,57, serta nilai median dari 6 menjadi 8. Diperoleh juga skor SUS 75 dan untuk setiap interaksi juga diperoleh hasil tes SEQ yang baik. Secara keseluruhan, hasil mengindikasikan bahwa aplikasi VR tersebut dapat mendukung pemahaman edukasi tentang aktivitas matahari sekaligus memberikan pengalaman penggunaan yang baik. Namun, jumlah partisipan yang terbatas masih menjadi keterbatasan utama, sehingga diperlukan penelitian lanjutan dengan skala lebih besar untuk memperoleh hasil yang lebih representatif.