digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Amadea Nadira Rahadja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Amadea Nadira Rahadja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Amadea Nadira Rahadja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Amadea Nadira Rahadja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Amadea Nadira Rahadja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Amadea Nadira Rahadja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Amadea Nadira Rahadja
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Postur Clinic merupakan fasilitas kesehatan yang berspesiliasi pada kedokteran fisik dan rehabilitasi (KFR), klinik memiliki pertumbuhan yang pesan, namun menghadapi penjualan yang inkonsisten, yang mendasari tantangan manajemen. Agar suatu bisnis dapat mencapai keberlanjutan, harus memiliki strategi bisnis, adaptasi pada teknologi dan inovasi dan kewirausahaan yang berintegrasi pada semua elemen. Penelitian memberikan pedoman dalam perumusan strategi bisnis yang merupakan akar permasalahan di Postur Clinic. Tujuannya ialah untuk mengembangkan kerangka strategi bisnis untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha kecil dan menengah. Dengan memanfaatkan sumber data primer, sekunder serta metode pengumpulan data. Ampuran, penelitian ini akan memaparkan kerangka analisis yang strategis. Serta pemeriksaan terhadap kondisi internal dan eksternal untuk strategi formulasi melalui matriks SWOT-TOWS, Marketing Mix 7P, STP dan Matriks Ansoff. Analisis menunjukkan kekuatan dari Postur Clinic dalam perawatan scoliosis dann rantai pasokan yang kuat, serta tantangan seperti keterbatasan kapasitas, peran organisasi yang kosong dan kurang permanfaatan pemasaran digital. Faktor eksternal seperti perubahan peraturan, kemajuan teknologi dan persaingan pasar menghadirkan peluang dan ancaman. Dengan matriks SWOT-TOWS, kekuatan dan kelemahan internal akan diselaraskan dengan peluang dan ancaman eksternal. Hal ini mengarah pada usulan strategi bisnis strategi pengembangan pasar berdasarkan STP dan perubahan strategi pemasaran 7P dari Matriks Ansoff. Hasil dari penelitian ini adalah rencana strategi bisnis untuk satu tahun kedepan dalam bentuk Gantt chart. Kerangka kerja ini menguraikan langkah yang dapat dilakukan agar dapat memperbaiki masalah dan keterbatasan manajemen, memaksimalkan kekuatan, dan menavigasi tantangan industry, agar memastikan pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan dari Postur Clinic dalam layanan kesehatan yang kompetitif.