








Masalah Pickup and Delivery Problem with Cross Docking (PDPCD) adalah masalah
logistik yang melibatkan pengambilan dan pengiriman barang ke sekumpulan pasangan
pelanggan. Pemilihan rute kendaraan pada masalah ini ditujukan untuk meminimalkan
biaya transportasi dengan mempertimbangkan setidaknya salah satu di antara dua jenis
strategi pengambilan dan pengiriman yaitu pengiriman langsung dan pengiriman
gudang transit. Penelitian ini mengajukan model matematis dan algoritma hibrid
Adaptive Large Neighborhood Search (ALNS) dan Simulated Annealing (SA) yang
dikembangkan dari beberapa penelitian sebelumnya untuk menyelesaikan masalah
PDPCD. Kendala jendela waktu pelanggan dan kendala kendaraan heterogen juga
ditambahkan pada kasus PDPCD di penelitian ini. Dari hasil penelitian, algoritma yang
diajukan memberikan gap biaya solusi sebesar 0,91% dengan waktu komputasi 700
kali lebih cepat terhadap solusi optimal pada LINGO. Selain itu, algoritma ALNS-SA
memberikan solusi biaya dan waktu komputasi berturut-turut lebih kecil sebesar 2,1%
dan 75,1% terhadap solusi biaya dan waktu komputasi algoritma SA pada penelitian
Suprayogi (2023) untuk kasus PDPCD dengan kendala jendela waktu dan kendaraan
homogen.