digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Mario Ahmad Fauzi
PUBLIC Dewi Supryati

Masalah Pickup and Delivery Problem with Cross Docking (PDPCD) adalah masalah logistik yang melibatkan pengambilan dan pengiriman barang ke sekumpulan pasangan pelanggan. Pemilihan rute kendaraan pada masalah ini ditujukan untuk meminimalkan biaya transportasi dengan mempertimbangkan setidaknya salah satu di antara dua jenis strategi pengambilan dan pengiriman yaitu pengiriman langsung dan pengiriman gudang transit. Penelitian ini mengajukan model matematis dan algoritma hibrid Adaptive Large Neighborhood Search (ALNS) dan Simulated Annealing (SA) yang dikembangkan dari beberapa penelitian sebelumnya untuk menyelesaikan masalah PDPCD. Kendala jendela waktu pelanggan dan kendala kendaraan heterogen juga ditambahkan pada kasus PDPCD di penelitian ini. Dari hasil penelitian, algoritma yang diajukan memberikan gap biaya solusi sebesar 0,91% dengan waktu komputasi 700 kali lebih cepat terhadap solusi optimal pada LINGO. Selain itu, algoritma ALNS-SA memberikan solusi biaya dan waktu komputasi berturut-turut lebih kecil sebesar 2,1% dan 75,1% terhadap solusi biaya dan waktu komputasi algoritma SA pada penelitian Suprayogi (2023) untuk kasus PDPCD dengan kendala jendela waktu dan kendaraan homogen.