digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

FINAL PROJECT - FABIA ZAHRA RAZULA - 19215004.pdf
PUBLIC Jufrizal Effendi, S.Sos

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan produk organik secara global mencapai titik baru. Amerika Utara dan Eropa adalah dua pasar Barat utama yang berkontribusi terhadap peningkatan penjualan organik secara global. Kecenderungan membeli produk organik tidak hanya terjadi di kedua negara tersebut, antusiasme yang sama dapat dilihat di negara berkembang di Asia termasuk Indonesia. Meskipun Statistika Pertanian Indonesia 2016 mempublikasikan jumlah yang fluktuatif, namun permintaan Indonesia terhadap produk organik terlihat meningkat. Penelitian ini bermaksud untuk lebih memahami faktor-faktor yang mendorong pelanggan dalam membeli sayuran organik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang menargetkan total 60 -80 responden baik pria dan wanita yang merupakan pelanggan sayuran organik dan berada di usia produktif. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan regresi linier berganda yang diproses menggunakan SPSS. Terdapat empat faktor yang digunakan dalam penelitian ini yang terdiri atas; manfaat kesehatan, rasa, kesadaran lingkungan dan daya beli yang tinggi. Penelitian ini menemukan bahwa rasa adalah faktor terbesar yang mendorong pelanggan membeli sayuran organik dengan total persentase sebesarr 31,1%. Kemudian diikuti oleh kesadaran pelanggan terhadap lingkungan (27.4%), manfaat kesehatan (21%), dan daya beli yang tinggi.21(%). Data ini mengkonfirmasi signifikansi keempat faktor diatas dalam mendorong intensi pelanggan membeli sayuran organik. Dengan menggunakan hasil penelitian, peneliti telah merancang strategi pemasaran baru. Dua faktor teratas dipilih sebagai contoh dan input kedalam strategi. Strategi pertama dengan mempromosikan rasa dari sayuran organik dalam bentuk slogan yang ditempatkan di kemasan setiap sayuran organik. Sedangkan strategi kedua yaitu dengan mengubah bahan dari kemasan sayuran organik ke bentuk yang lebih ramah lingkungan. Strategi ini ditujukan kepada petani dan produsen sayuran organik untuk meningkatkan jumlah pembeli potensial sayuran organik.