digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Semakin maju perkembangan tekhnologi, dan seiring dengan pertumbuhan populasi pengguna internet di dunia, khususnya di Indonesia, akan ada perubahan pada beberapa aspek kehidupan. Indonesia berada pada posisi 6 terbesar dari populasi pengguna internet di dunia. Masyarakat terbiasa menggunakan internet untuk membuat hidup mereka lebih sederhana, hal ini juga mempengaruhi pertumbuhan industri teknologi dan informasi. Industri teknologi dan informasi adalah penyumbang lapangan pekerjaan terbanyak dari tahun 2012 sampai tahun 2015, pertumbuhan industri teknologi dan informasi juga tidak dapat dipisahkan dari banyaknya pertumbuhan perusahaan rintisan berbasis teknologi. Perusahaan rintisan berbasis teknologi tidak dapat dipisahkan dengan manajerial team dan karyawan, 92% perusashaan rintisan gagal setelah 3 tahun, dan salah satu alasannya adalah manajerial team dan karyawan yang buruk. Perusahaan rintisan membutuhkan karyawan yang loyal untuk membangun tim yang baik. loyalitas sendiri didefinisikan sebagai kesetiaan yang teguh ke sebuah organisasi yang menyebabkan perasaan keterikatan dan kepedulian, yang ditunjukkan oleh lamanya waktu mereka bekerja untuk perusahaan, kinerja kerja yang hebat, dan standar etika yang baik. Penelitian kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisa data yang digunakan untuk mengetahui alasan karyawan loyal terhadap perusahaan rintisan berbasis teknologi. Studi dilakukan antara 3 perusahaan rintisan berbasis teknologi di Bandung, studi pendahuluan digunakan untuk mengetahui program program yang dibentuk manajemen perusahaan untuk membangun loyalitas karyawan mereka. Penelitian utama digunakan untuk mengetahui program mana yang mempengaruhi loyalitas karyawan. Penelitian ini fokus untuk mengeksplorasi variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas karyawan. Berdasarkan penelitian tersebut, terdapat 27 program loyalitas yang ditemukan dan dibangun oleh perusahaan, namun hanya ada 10 program dan 4 alasan pribadi yang mempengaruhi loyalitas karyawan. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan wawasan bagi wirausaha pemula untuk membangun program loyalitas yang lebih efektif.