digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

M. Alfandavi Aryo Utomo [13519211].pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Duolingo adalah aplikasi pembelajaran bahasa yang menghadirkan materi pembelajaran dengan cara yang menyenangkan, namun dalam proses penggunaannya, ada beberapa komponen yang memerlukan perbaikan, baik itu dalam hal konten maupun desain interaksinya. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan dalam aspek desain interaksi guna meningkatkan pemanfaatan Duolingo sebagai alat pembelajaran bahasa dan untuk memperbaiki tingkat kepuasan pengguna. Hasil dari perbaikan yang telah diterapkan menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna mengalami peningkatan dalam hal kenyamanan, kepuasan, dan kecenderungan lebih menyukai aplikasi ini, terutama dengan adanya komponen desain khusus yang telah diperkenalkan. Beberapa komponen yang paling berkontribusi dalam meningkatkan minat pengguna termasuk Share Badges, Xp Boost, Learning Path, desain ilustrasi yang terspesialisasi, serta Mistake Collections. Keunggulan yang terdapat pada Desain interaksi dalam penelitian ini di antaranya, menyajikan tampilan yang lebih sederhana namun tetap informatif, meningkatkan visibilitas dan penataan tata letak komponen agar lebih efisien digunakan oleh pengguna aplikasi, serta memperkaya pengalaman pengguna dengan mengintegrasikan elemen budaya ke dalam desain interaksi.