ABSTRAK Nawrah Fadhillah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Di Indonesia, terdapat 8,7 juta individu dengan disabilitas fisik pada alat gerak bagian bawah.
Umumnya, kursi roda digunakan untuk menunjang aktivitas individu dengan disabilitas fisik
pada alat gerak bagian bawah. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh pengguna kursi roda
adalah aktivitas naik dan turun mobil. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kursi
mobil retrofit dengan harga terjangkau yang dapat mempermudah aktivitas naik dan turun
mobil bagi pengguna kursi roda.
Penelitian ini terdiri dari enam tahapan utama, yaitu identifikasi kebutuhan, conceptual
design, embodiment design, detail design, pengujian konsep, dan estimasi biaya. Pada tahap
identifikasi kebutuhan, dilakukan observasi dan wawancara untuk memahami kesulitan
pengguna kursi roda dalam aktivitas naik dan turun mobil. Selanjutnya, pada tahap
conceptual design dibangkitkan alternatif konsep dan dievaluasi hingga didapatkan satu
konsep terpilih. Pada tahap embodiment design ditentukan dimensi kursi mobil retrofit serta
pengujian teoritis untuk menghitung maximum stress dan safety factor. Part dari rancangan
konsep kursi mobil retrofit dirinci pada tahap detail design. Kemudian, pada tahap pengujian
konsep, konsep dikomunikasikan ke target pasar dengan kuesioner untuk mengetahui intensi
pembelian. Intensi pembelian digunakan untuk mengestimasi demand produk. Hasil estimasi
demand menjadi input volume produksi pada tahap estimasi biaya. Kemudian, diestimasi
biaya part untuk membuat satu unit kursi mobil retrofit. Selama tahap perancangan konsep,
dilakukan konsultasi dengan ahli mesin dan teknisi jok mobil.
Hasil penelitian didapatkan rancangan konsep kursi mobil retrofit yang memiliki fungsi
rotasi, ekstensi, serta kemampuan naik dan turun, dengan harga jual sekitar Rp20 juta yang
berada dalam rentang daya beli kelas menengah. Kursi dapat menahan beban maksimum
hingga 100 kg. Material utama yang digunakan untuk kursi adalah mild steel ASTM A36.
Dengan material dan beban 100 kg, didapatkan safety factor sebesar 1,7 yang memenuhi
standar keamanan dari ISO 9386-1. Uji teoritis dan pendapat ahli menunjukkan bahwa
rancangan konsep kursi mobil retrofit memungkinkan untuk diwujudkan. Namun, untuk
memperkuat hasil rancangan konsep ini, tetap diperlukan pengujian prototipe fisik.