digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP KARLINA KHAIRUNNISAA 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Pengalaman berobat dan ke fasilitas kesehatan kerap dipandang secara negatif oleh anak, sehingga memicu rasa enggan dan takut. Edukasi tentang penyakit dan fasilitas kesehatan untuk anak menjadi sangat penting untuk memberi impresi secara positif. Dengan keunggulannya pada fitur interaktif dan fitur layar sentuh, mobile apps menjadi media pendukung edukasi yang paling cocok. Mobile apps anak bertema penyakit menarik untuk dikaji karena untuk merancangnya, diperlukan pendekatan dan strategi khusus untuk bisa mengemas konten bertema penyakit ke dalam media anak berbasis digital. Dilakukan analisis terhadap elemen konten, elemen visual, dan elemen interaktif pada 40 mobile apps anak bertema penyakit menggunakan pendekatan kualitatif exploratory dan triangulasi data. Objek penelitian berupa mobile apps anak bertema penyakit dengan fokus topik fasilitas kesehatan, yang dikumpulkan dari hasil survey di Google Play Store dan App Store. Analisis menggunakan metode analisis tekstual dengan tahap identifikasi, kategorisasi, dan interpretasi menggunakan model pemetaan yang dibuat dari hasil studi literatur. Dilakukan juga wawancara narasumber ahli dan user test dengan subjek penelitian. Terdapat dua model utama pada mobile apps anak bertema penyakit: model role play dan model interactive environment. Melalui pemetaan didapatkan karakteristik khusus pada elemen visual, konten, dan interaktif pada mobile apps anak bertema penyakit. Karakteristik yang ada mendukung fungsinya sebagai platform edukasi digital tentang penyakit dan fasilitas kesehatan. Dari hasil analisis ini diharapkan dapat memberi wawasan luas terkait mobile apps anak bertema penyakit serta menjadi referensi bagi peneliti dan praktisi di bidang mobile apps anak bertema penyakit.