digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Peternakan lebah perkotaan mempunyai potensi untuk mendiversifikasi ekosistem dan mendorong tata kelola lingkungan yang lebih baik. Untuk mempromosikan suatu tren di media sosial, pemasar perlu menciptakan visual yang dapat menarik perhatian target pasar dengan sumber daya terbatas. Namun dengan keterbatasan sumber daya, tidak semua pemasar memiliki kemampuan menghasilkan kualitas visual yang baik untuk berkomunikasi dengan target pasar, sehingga perlu mengadopsi lebih banyak sumber daya, salah satunya adalah Artificial Intelligence. Penelitian ini membahas tentang AI apa saja dan bagaimana penerapannya untuk mengoptimalkan strategi pemasaran digital I-NewBee. Sebagai sebuah startup, I-NewBee merupakan perusahaan yang fokus mendapatkan perhatian berdasarkan tahap awal model AISAS menggunakan media sosial melalui pemasaran digital dengan Sumber Daya Manajemen Pemasaran yang terbatas. Studi ini menemukan bahwa Leonardo AI menunjukkan hasil positif di antara 3 AI yang diteliti berdasarkan persepsi pelanggan yang cocok dengan Resources Management Marketing I-NewBee.