digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penerapan Virtual reality digunakan sebagai sarana hubungan secara virtual. Penelitian ini difokuskan pada pengujian efisiensi dari VR yang dimanfaatkan sebagai media untuk berinteraksi pada pengguna ruang arsitektur sebagai upaya menggembangkan sensasi spasial ruang arsitektur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang difokuskan pada analisa VR dengan pendekatan penelitian naratif karena akan memberikan pemahaman kepada pengguna berupa komunikasi visual yang akan diwujudkan dalam bentuk VR yang jauh lebih akurat dengan menggembangkan sensasi spasial sehingga pengguna akan merasa lebih representatif, memberikan perasaan skala, kedalaman, dan kesadaran spasial yang nyata yang tidak dapat dirasakan oleh render, model skala, atau animasi. Proses analisa dalam penelitian berupa observasi dan wawancara untuk mengetahui sudut pandang dari pengguna saat menggunakan VR sebagai alat komunikasi visual dalam melihat hasil desain. Lalu memberikan beberapa survei berupa pertanyaan terbuka kepada pengguna yang nantinya dilanjutkan dengan penelitian sekunder untuk menghasilkan animasi dari bentuk tiga dimensi bangunan arsitektur yang diwujudkan dalam bentuk VR. Hasil dari penelitian ini untuk memperoleh ragam kebutuhan ruang sensasi spasial bagi pengguna dengan merancang media interaksi bagi pengguna dan desainer interior agar dapat berinteraksi dan saling memenuhi kebutuhannya dengan mensimulasikan posisi ruang dalam menciptakan kenyamanan tinggal.