digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP SALMAA BADRIYYATUL KARIIMAH 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Transportasi umum merupakan moda transportasi yang hadir di Indonesia semenjak tahun 1943 namun kini sudah kurang diminati dan tergantikan oleh kendaraan pribadi dan ojek online. Remaja adalah salah satu kelompok dengan mobilitas tinggi yang mulai beralih dari transportasi umum, khususnya ketika COVID-19. Setelah pandemi berlalu, minat remaja untuk kembali menggunakan transportasi umum mulai meningkat. Penggunaan transportasi umum sangat didukung oleh pemerintah dan kualitas sarana dan prasarananya pun terus ditingkatkan. Perancangan ini menggunakan model pemasaran AIDMA dalam mempromosikan dan memberikan informasi untuk remaja mengenai keadaan transportasi umum dalam bentuk animasi 2D. Fokus perancangan akan dibatasi pada tahap Memory dari AIDMA dengan cara menyampaikan pesan melalui animasi 2D. Metode penelitian dilakukan melalui observasi terhadap kendaraan umum, terutama TEMAN BUS dan angkutan kota di Kota Bandung, wawancara terhadap praktisi industri animasi dan IP development, wawancara serta kuesioner terhadap target sasaran (remaja), dan analisis studi kasus melalui animasi sejenis.