digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP AURA FAKHIRA ASTIANA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

“DESIRE” merupakan karya permainan video interaktif yang dibuat dengan tujuan menyampaikan gagasan penulis mengenai refleksi sekaligus kritik sosial sebagai individu yang hidup di lingkungan perkotaan dengan dampak internet yang begitu besar. Keseharian masa kini tidak dapat dilepaskan dari akselerasi yang melanda seluruh aspek kehidupan. Manusia didampingi oleh ritme kehidupan yang cepat dengan produk-produk kecepatan yang terpampang dimana-mana. Kondisi tersebut membuat manusia bak berada dalam kompetisi untuk menjadi yang termaju, tercepat, dan terkini. Kondisi percepatan tersebut dapat ditemukan melalui pergeseran tren yang sangat cepat, juga dalam rantai produksi dan konsumsi massal yang terus berdiferensiasi di tiap-tiap bidang kehidupan. Usaha untuk memperlambat ritme kehidupan seolah menjadi paradoks dengan berbagai polemik di dalamnya. Kemudahan konsumsi, gratifikasi instan, serta berbagai cara untuk mencapai pemenuhan hasrat secara cepat pada akhirnya menggiring manusia pada kondisi panik yang layaknya sebuah ekstasi. Kepanikan, dan kecepatan persebaran informasi utamanya di internet yang berkaitan dengan hal spiritualitas dan religius pun seolah dijadikan objek konsumsi temporer semata tanpa pendalaman makna yang luhur. Penulis melakukan beberapa tahapan dalam proses pembuatan karya, diantaranya mengkaji pendekatan teori bahasa dan simbol pada karya-karya post-Internet. Penulis kemudian mengelaborasinya dengan gagasan dan mengolah ruang lingkup tersebut dengan kajian mengenai medium permainan video sebagai seni media baru serta nilai interaktivitas di dalamnya. Karya ini merupakan eksplorasi penulis dalam meminjam bahasa dan aturan yang ada pada permainan video untuk mendalami pengalaman antara apresiator dengan karya. Judul karya “DESIRE” dipilih untuk mewakili gagasan penulis yang juga terperangkap pada kondisi cepatnya ritme kehidupan dan gaya hidup konsumerisme.