digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah konvensional word of mouth (WOM) menjadi Electronic Word of Mouth (eWOM). EWOM pada perangkat mobile dikenal sebagai Electronic Word of Mouth Mobile Messaging Application (MWOM), seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, dan WeChat. Banyak peneliti yang meneliti eWOM, tetapi hanya sedikit yang meneliti MWOM. Faktanya, ini peluang besar untuk melakukan strategi pemasaran MWOM, terutama di WhatsApp sebagai aplikasi chat terpopuler di Indonesia. SYFO menyediakan produk siap saji untuk ibu rumah tangga di Bandung. SYFO sudah menerapkan pemasaran MWOM melalui WhatsApp tetapi belum efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari kasus perusahaan SYFO dengan mengidentifikasi faktor-faktor MWOM melalui WhatsApp yang berpengaruh terhadap minat beli pelanggan dan memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan MWOM tersebut. Peneliti menilai sembilan variabel, dan total 119 responden dikumpulkan dari target pasar SYFO yaitu ibu rumah tangga di Bandung yang suka memasak. Dengan metode kuantitatif, data yang diperoleh dari survei melalui kuesioner. Data yang terkumpul kemudian akan dianalisis dengan menggunakan PLS-SEM pada SmartPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegunaan informasi dapat berpengaruh terhadap adopsi informasi. Kemudian, adopsi informasi dapat berpengaruh terhadap niat beli (niat beli seluler, niat beli luring, dan niat beli daring). Di luar dugaan, sikap terhadap informasi tidak dapat berpengaruh pada niat pembelian luring. Temuan ini menunjukkan bahwa untuk luring, disarankan untuk menyediakan pemasaran iklan mobile pada aplikasi chat. Untuk daring, disarankan untuk menggunakan komunitas WhatsApp. Saat memberikan informasi MWOM melalui WhatsApp, lebih baik untuk memberikan copywriting terbaik yang berhubungan dengan target pasar dengan informasi lengkap seperti FAQ (Frequently Asked Questions), tautan media sosial/situs web/e-commerce dan toko luring. Menggunakan afiliasi atau insentif sederhana dapat dipilih untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas dengan cara yang efisien. Dengan adanya temuan dari penelitian ini, perusahaan SYFO atau perusahaan lain yang memiliki latar belakang yang sama dapat menggunakan hasil analisis dari penelitian ini untuk menambah wawasan dan mengimplementasikan hasil temuan di dalam perusahaan.