digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun, hampir separuh penduduk Indonesia adalah pengguna internet. Dari data yang diperoleh Turangga Research, Indonesia memiliki nilai transaksi yang tinggi untuk industri makanan online yang mencapai 78,4 triliun rupiah. Terdapat 3 pemain besar dalam industri makanan online di Indonesia, dan GoFood merupakan salah satu platform pesan-antar makanan online terbesar di Indonesia yang memiliki banyak pengguna. Eatzy Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan ingin memperluas saluran penjualannya ke sarana online. Melihat potensi yang ada, Eatzy Indonesia menggandeng GoFood untuk menjual produk makanan ritelnya melalui platform tersebut. Sebagai mitra baru dari GoFood, Eatzy Indonesia perlu mengetahui cara-cara yang efektif untuk mendapatkan penjualan, salah satunya dengan memanfaatkan fitur-fitur promosi yang disediakan oleh GoFood. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi promosi terhadap keputusan pelanggan pada mitra baru GoFood, Eatzy Indonesia. Penelitian ini akan menganalisis kinerja data GoFood Eatzy Indonesia menggunakan Conversion Rate Analysis dan menghitung 144 pengguna layanan GoFood yang pernah melakukan pembelian minimal satu kali menggunakan metode survei dengan Regresi Linier Berganda sebagai metode pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasilnya adalah strategi promosi yang diberikan oleh GoFood (Iklan Pencarian GoFood, Iklan Kategori GoFood, dan Diskon Menu GoFood) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pelanggan. Dan Iklan Kategori GoFood merupakan program promosi yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian.