digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP SRIREZEKY ADISUNARNO 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Musik dangdut adalah bentuk musik populer yang erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Musik ini mencerminkan nilai-nilai multikultural yang hidup dalam masyarakat Indonesia dan berpotensi menjadi sarana untuk memperkenalkan budaya Indonesia di tingkat internasional. Namun, musik dangdut masih kurang diminati oleh remaja, terutama di tengah pesatnya gempuran popularitas budaya luar, seperti Kpop. Oleh karena itu, diperlukan media yang mampu menarik perhatian para remaja terhadap musik dangdut melalui penciptaan pengalaman baru dalam menikmati musik dangdut. Remaja akhir berada pada masa transisi menuju dewasa yang melibatkan pemahaman terhadap masalah sekitar. Animasi VR 360 merupakan media imersif dengan potensi dan kemampuan untuk menawarkan interaksi baru dalam menikmati musik. Jenis VR ini paling mudah digunakan dan memungkinkan eksplorasi ruang virtual melalui sudut pandang yang lebih fleksibel. Penggunaan animasi VR 360 dalam pertunjukan musik memberikan berbagai keuntungan, termasuk memungkinkan musisi berkomunikasi dengan penonton melalui lagu serta memperlihatkan identitas mereka melalui aspek visual seperti gaya berpakaian, latar panggung, dan atraksi panggung. Namun, penggunaan media animasi VR 360 ini belum banyak dimanfaatkan dalam pertunjukan musik dangdut. Oleh karena itu, perancangan ini dapat merangsang minat remaja akhir dalam menerima hal baru, yaitu menonton pertunjukan musik dangdut dengan cara baru melalui animasi VR 360