ABSTRAK Jihan Putri Nabilah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Jihan Putri Nabilah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Jihan Putri Nabilah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Jihan Putri Nabilah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Jihan Putri Nabilah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Jihan Putri Nabilah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Jihan Putri Nabilah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Jihan Putri Nabilah
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Industri makanan dan minuman setelah pandemi covid-19 mengalami peningkatan. Hal
tersebut dibuktikan dengan angka pertumbuhan industri makanan dan minuman pada
kuartal pertama tahun 2021 mencapai 2,45%. Salah satu pendatang baru pada industri
makanan dan minuman adalah Emerald Tree Resto yang merupakan restoran di daerah
Bintaro, Tangerang Selatan. Beberapa bulan belakangan tepatnya pada bulan Januari 2023
hingga bulan May 2023 pendapatannya menurun. Hal tersebut diduga atas adanya
pemasaran dan promosi yang tidak berjalan dengan efektif, sebab biaya yang dibutuhkan
untuk melakukan promosi menggunakan cost yang besar. Strategi pemasaran tidak efektif
dikarenakan Emerald Tree Resto tidak berhasil mengidentifikasi kebutuhan fokus
pelanggannya. Emerald Tree Resto juga belum mengetahui profil fokus pelanggannya saat
ini. Maka penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi perbaikan berdasarkan
kebutuhan pelanggan dari target pasar pelanggan.
Untuk menentukan strategi perbaikan terlebih dahulu akan diidentifikasi penilaian kualitas
restoran dengan model DINESERV , kemudian akan diidentifikasi profil fokus pelanggan.
Untuk mengetahui profil fokus pelanggan akan diidentifikasi menggunakan model AIO
lifestyle. Profil fokus pelanggan akan diidentifikasi menggunakan metode analisis klaster,
kemudian hasil klaster akan diidentifikasi karakteristiknya menggunakan cross tabulation
dan one-way ANOVA. Setelah teridentifikasi karakteristik pelanggan, dilakukan identifikasi
kebutuhan pelanggan. Untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, dilakukan survey dengan
model kualitas restoran agar mengetahui aspek yang dipentingkan dari restoran.
Berdasarkan hasil pengumpulan data diketahui terdapat empat klaster yang terbentuk,
klaster pertama disebut sebagai effective millenials, sedangkan klaster kedua disebut
sebagai family woman, klaster ketiga disebut sebagai sport person , dan klaster keempat
disebut sebagai family person. Klaster kedua dan klaster ketiga menjadi fokus pelanggan
Emerald Tree Resto karena memiliki proporsi yang besar. Hasil penilaian kualitas restoran
menunjukan bahwa pada aspek food quality memiliki nilai yang rendah. Sehingga
diperlukan perbaikan pada aspek food quality, mengingat hasil identifikasi kebutuhan
pelanggan menunjukan food quality merupakan salah satu aspek yang dipentingkan setelah
tangibles dan reliability. Perbaikan aspek food quality dilakukan dengan melakukan
perancangan SOP feedback pelanggan, karena saat ini restoran belum memiliki SOP itu.