digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219104 Fauzan Rafif Widyanto.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Dengan semakin berkembangnya teknologi, organisasi yang menyediakan layanan teknologi harus mulai untuk mengimplementasikan ITSM. ITSM merupakan praktik dalam pengelolaan layanan teknologi informasi yang bertujuan untuk dapat memberikan nilai kepada pelanggan dan organisasi. Salah satu proses dari ITSM adalah Manajemen Tingkat Layanan (SLM). Manajemen Tingkat Layanan berfokus untuk meningkatkan kualitas layanan TI. Salah satu aktivitas dalam SLM ini adalah merancang Service Level Agreement (SLA). DTI ITB, sebagai organisasi yang menyediakan layanan TI, belum memiliki dokumentasi SLA yang baik. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang SLA dari layanan DTI ITB. Terdokumentasinya SLA ini merupakan kebutuhan penting bagi DTI ITB karena dengan tidak adanya SLA, tingkat layanan tidak dapat dipantau baik sehingga kualitas layanan menjadi turun. Digunakan kerangka kerja Infosys dan pedoman ITIL untuk merancang SLA DTI ITB. Langkah yang dilakukan dalam merancang SLA ini dimulai dengan identifikasi lingkup dan kematangan DTI ITB, menentukan metrik tingkat layanan DTI ITB, dan menentukan target tingkat layanan serta membuat SLA. Hasil perancangan dievaluasi dengan dilakukan penilaian oleh stakeholder DTI ITB. Hasil rancangan dengan fokus tahap perencanaan dapat digunakan sebagai acuan dalam membentuk SLA lainnya dari organisasi.