18219104 Fauzan Rafif Widyanto.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Dengan semakin berkembangnya teknologi, organisasi yang menyediakan layanan
teknologi harus mulai untuk mengimplementasikan ITSM. ITSM merupakan
praktik dalam pengelolaan layanan teknologi informasi yang bertujuan untuk dapat
memberikan nilai kepada pelanggan dan organisasi. Salah satu proses dari ITSM
adalah Manajemen Tingkat Layanan (SLM). Manajemen Tingkat Layanan
berfokus untuk meningkatkan kualitas layanan TI. Salah satu aktivitas dalam SLM
ini adalah merancang Service Level Agreement (SLA). DTI ITB, sebagai organisasi
yang menyediakan layanan TI, belum memiliki dokumentasi SLA yang baik.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang SLA dari layanan DTI ITB.
Terdokumentasinya SLA ini merupakan kebutuhan penting bagi DTI ITB karena
dengan tidak adanya SLA, tingkat layanan tidak dapat dipantau baik sehingga
kualitas layanan menjadi turun. Digunakan kerangka kerja Infosys dan pedoman
ITIL untuk merancang SLA DTI ITB. Langkah yang dilakukan dalam merancang
SLA ini dimulai dengan identifikasi lingkup dan kematangan DTI ITB, menentukan
metrik tingkat layanan DTI ITB, dan menentukan target tingkat layanan serta
membuat SLA. Hasil perancangan dievaluasi dengan dilakukan penilaian oleh
stakeholder DTI ITB. Hasil rancangan dengan fokus tahap perencanaan dapat
digunakan sebagai acuan dalam membentuk SLA lainnya dari organisasi.