18219010 Muhammad Husnul Daffa.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Dalam era digital yang terus berkembang, pengelolaan layanan teknologi informasi
telah menjadi kritis bagi organisasi untuk menjaga operasional yang lancar dan
efisiensi bisnis yang tinggi. ITSM mencakup rangkaian praktik dan proses yang
dirancang untuk merencanakan, memberikan, mengelola, dan memantau layanan
TI yang mendukung kebutuhan bisnis. Beberapa proses dari ITSM yang dibahas
pada artikel ini adalah manajemen insiden. Manajemen tersebut penting dilakukan
untuk meminimalisir dampak ketika insiden terjadi. Tugas akhir ini bertujuan untuk
merancang manajemen insiden untuk Institut Teknologi Bandung dengan objek
penelitian Direktorat Teknologi Informasi (DTI ITB). DTI ITB sendiri ingin
melakukan pengembangan dari sistem manajemen insiden saat ini agar sesuai
dengan standar ITSM. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi literatur
dan penerapan framework Infosys dalam perancangan manajemen insiden. Infosys
sendiri mengambil referensi dari ITIL yang merupakan dasar pengembangan ITSM.
Fase dari manajemen insiden yang dihasilkan adalah identifikasi, pencatatan,
klasifikasi, diagnosis, penyelesaian dan pemulihan, serta penutupan. Pada tahap
evaluasi, hasil rancangan sistem manajemen insiden baru akan dibandingkan
dengan penilaian kapabilitas awal dari sistem manajemen yang sekarang diterapkan
untuk memberikan kesimpulan bahwa rancangan telah menutup gap yang ada.
Selain itu, dilakukan penilaian oleh stakeholder dari DTI ITB terhadap sistem
manajemen yang telah dirancang.