ABSTRAK Firza Rahmadya Sihdiba
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - FIRZA RAHMADYA SIHDIBA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 - FIRZA RAHMADYA SIHDIBA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 - FIRZA RAHMADYA SIHDIBA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 - FIRZA RAHMADYA SIHDIBA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 - FIRZA RAHMADYA SIHDIBA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 - FIRZA RAHMADYA SIHDIBA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 - FIRZA RAHMADYA SIHDIBA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - FIRZA RAHMADYA SIHDIBA
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PT.XYZ merupakan perusahaan penyedia layanan aplikasi edukasi yang memiliki misi untuk
membantu murid dalam mempersiapkan diri tes masuk perguruan tinggi dengan menyediakan
layanan latihan soal tes masuk perguruan tinggi. PT.XYZ mengalami penurunan jumlah akuisisi
pengguna hingga 37,7% dibandingkan dari tahun ajaran sebelumnya, walaupun terdapat
peningkatan alokasi anggaran hingga 50% terkait dengan akuisisi pengguna. Setelah digali lebih
lanjut, terdapat permasalahan yang dikeluhkan oleh pengguna terkait dengan penggunaan layanan
aplikasi PT.XYZ terutama pada sebelum pembelian produk. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan
penelitian dengan terlebih dahulu melakukan penggambaran pengalaman nyata yang dialami
pengguna ketika menggunakan layanan aplikasi PT.XYZ melalui metode customer journey map.
Hasil penggambaran pengalaman nyata tersebut adalah interaksi-interaksi antara perusahaan dan
pengguna yang merupakan moment of truth atau mempengaruhi pengguna untuk menggunakan
Kembali layanan PT.XYZ atau tidak. Daftar moment of truth tersebut selanjutnya dilakukan
pemrioritasan dengan menggunakan model kano dan didapatkan tiga moment of truth yang
menjadi dasar dalam perancangan perbaikan. Perancangan perbaikan dilakukan dengan
menggunakan metode TRIZ, dan didapatkan tiga rancangan arah perbaikan yaitu membuat daftar
rekomendasi alternatif solusi dari permasalahan yang dialami pengguna ketika menggunakan
layanan PT.XYZ, merancang alternatif strategi awareness baru tanpa mengganggu proses
pendaftaran tryout dari pengguna, melakukan otomasi pada proses verifikasi untuk memangkas
waktu tunggu verifikasi pembayaran secara manual, dan merancang alternatif fitur yang dapat
dikonsumsi oleh pengguna di luar fitur utama sebagai pengalih waktu tunggu verifikasi
pembayaran.