Penelitian ini bertujuan untuk menemukan service marketing strategi yang tepat
untuk permasalahan rendahnya tingkat berdonasi kembali melalui platform infak.id
yang dimiliki oleh Rumah Zakat. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi 2
persona, yaitu donator retensi dan donator loyal Rumah Zakat sehingga nantinya
dapat diketahui perilaku donator setiap persona dan ditemukan pelayanan terbaik
untuk membuat kedua persona ini mempertahankan donasinya di platform infak.id.
Penulis melakukan analisa customer journey terlebih dahulu dengan melihat
bagaimana digital behavior (titik kontak, durasi time, dan sebagainya) dari kedua
persona tersebut. Dari hasil analisis customer journey ini akan diberikan
rekomendasi rencana implementasi dalam jangka menengah untuk perbaikan
pelayanan pada platform infak.id. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran
kuesioner, wawancara, dan studi litearur. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
n > 30 orang dari masing-masing persona. Dari hasil analisis ini, dirumuskan
service marketing strategy yang dituangkan ke dalam service blueprint. Hasil
analisis juga cenderung menunjukkan diperlukannya perbaikan pada pelayanan
berupa pengingat dan auto-debet untuk memudahkan donator yang mengalami
kendala-kendala pelayanan, seperti notifikasi yang lama dan tidak mendapatkan
bukti donasi.