digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP MAULINA TRI ADININGSIH 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah prototipe game yang terinspirasi oleh cerita rakyat "Putri Kaca Mayang" dari provinsi Riau, Indonesia. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menghidupkan kembali cerita rakyat tersebut melalui permainan interaktif, sehingga generasi muda dapat mempelajari nilai dan moral pada cerita sekaligus memahami dan menghargai warisan budaya daerah mereka. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, yang melibatkan tahapan penelitian awal, analisis cerita, perancangan konsep game, pengembangan prototipe, dan evaluasi oleh pengguna serta menggunakan data dari hasil kuesioner. Pada tahap penelitian awal, melakukan eksplorasi dan studi mendalam tentang cerita rakyat "Putri Kaca Mayang" dari provinsi Riau seperti informasi tentang karakter, latar belakang budaya, dan konflik utama dalam cerita tersebut. Informasi ini menjadi dasar untuk merancang konsep game yang sesuai. Setelah menganalisis cerita "Putri Kaca Mayang", dilakukan perancangan konsep game yang menggabungkan elemen-elemen tersebut. Pemain akan mengambil peran sebagai tokoh protagonis yang harus menjelajahi dunia dalam cerita, menyelesaikan misi, dan menghadapi tantangan yang menguji keterampilan dan kecerdasan mereka. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi pada pelestarian dan promosi cerita rakyat "Putri Kaca Mayang" dari provinsi Riau melalui media game yang interaktif. Prototipe game ini juga diharapkan dapat menjadi sarana pendidikan dan hiburan yang memperkaya pengetahuan dan kebanggaan lokal, serta memperkenalkan cerita rakyat Indonesia kepada pemain dari berbagai latar belakang budaya.