ABSTRAK Asyila Paramitha
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PT X adalah perusahaan swasta di Indonesia yang bergerak di bidang industri
telekomunikasi. Sebagai salah satu perusahaan terbesar di industri telekomunikasi,
PT X bekerjasama Mitra Authorized Dealer (AD) dalam mengelola wilayah -
wilayah operasionalnya. Divisi Sales & Marketing PT X dalam kesehariannya
memiliki tugas untuk memonitor kinerja Mitra AD dan kinerja penjualan. Divisi
Business Growth & Analytics PT X sebagai salah satu stakeholder yang terlibat
dalam pemantauan kinerja penjualan sedang dihadapkan dengan kesulitan dalam
pencarian insight. Dengan demikian, penelitian bertujuan untuk meningkatkan
kinerja penjualan melalui media visualisasi data berupa tactical dashboard.
Dilakukan identifikasi Key Performance Indicator (KPI), identifikasi kebutuhan
desain, serta perancangan prototipe tactical dashboard yang mendukung proses
pengambilan keputusan strategis Divisi Business Growth & Analytics PT. X.
Proses perancangan tactical dashboard untuk PT X dilakukan dengan
menggunakan metodologi Eva Hariyanti. Metodologi Eva Hariyamti adalah metode
yang dikembangkan dari beberapa metodologi pengembangan tactical dashboard.
Metodologi ini dipilih diantara metodologi lainnya karena menggunakan
pendekatan campuran top-down dan bottom-up. Dengan demikian, proses
perancangan tactical dashboard mempertimbangkan KPI perusahaan dan
kebutuhan pengguna sebagai dasar dari pembuatan tactical dashboard. Hasil akhir
dari metode ini adalah berupa prototipe tactical dashboard.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di PT X, dihasilkan 15 KPI usulan
yang digunakan. Seluruh KPI tersebut merupakan hasil turunan dari 3 Key Result
Area. Dari 15 KPI tersebut dihasilkan 6 halaman prototipe tactical dashboard. Dari
hasil ulasan oleh pengguna, tactical dashboard disempurnakan dengan
menambahkan card (text) serta fitur penyaringan pada visualisasi.