digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Asyila Paramitha
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PT X adalah perusahaan swasta di Indonesia yang bergerak di bidang industri telekomunikasi. Sebagai salah satu perusahaan terbesar di industri telekomunikasi, PT X bekerjasama Mitra Authorized Dealer (AD) dalam mengelola wilayah - wilayah operasionalnya. Divisi Sales & Marketing PT X dalam kesehariannya memiliki tugas untuk memonitor kinerja Mitra AD dan kinerja penjualan. Divisi Business Growth & Analytics PT X sebagai salah satu stakeholder yang terlibat dalam pemantauan kinerja penjualan sedang dihadapkan dengan kesulitan dalam pencarian insight. Dengan demikian, penelitian bertujuan untuk meningkatkan kinerja penjualan melalui media visualisasi data berupa tactical dashboard. Dilakukan identifikasi Key Performance Indicator (KPI), identifikasi kebutuhan desain, serta perancangan prototipe tactical dashboard yang mendukung proses pengambilan keputusan strategis Divisi Business Growth & Analytics PT. X. Proses perancangan tactical dashboard untuk PT X dilakukan dengan menggunakan metodologi Eva Hariyanti. Metodologi Eva Hariyamti adalah metode yang dikembangkan dari beberapa metodologi pengembangan tactical dashboard. Metodologi ini dipilih diantara metodologi lainnya karena menggunakan pendekatan campuran top-down dan bottom-up. Dengan demikian, proses perancangan tactical dashboard mempertimbangkan KPI perusahaan dan kebutuhan pengguna sebagai dasar dari pembuatan tactical dashboard. Hasil akhir dari metode ini adalah berupa prototipe tactical dashboard. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di PT X, dihasilkan 15 KPI usulan yang digunakan. Seluruh KPI tersebut merupakan hasil turunan dari 3 Key Result Area. Dari 15 KPI tersebut dihasilkan 6 halaman prototipe tactical dashboard. Dari hasil ulasan oleh pengguna, tactical dashboard disempurnakan dengan menambahkan card (text) serta fitur penyaringan pada visualisasi.