digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


2023 SK PP Aurel Fidelia [19020249] - Full Text.pdf
EMBARGO  2025-07-10 

Industri e-commerce di Indonesia berkembang secara signifikan seiring dengan peningkatan pengguna internet. Perusahaan e-commerce berupaya untuk menarik lebih banyak konsumen dengan berbagai penawaran sebagai respons terhadap peluang ini. E- commerce akan segera membutuhkan pengembalian investasi dan keuntungan, sehingga era pemborosan uang tidak dapat berlanjut. Maka dari itu, Tokopedia memperkenalkan layanan berlangganan e-commerce, yaitu Tokopedia PLUS, yang khusus untuk wilayah Jawa hingga saat ini. Tokopedia PLUS menawarkan lebih dari 10 manfaat, termasuk promosi dalam aplikasi dan kemitraan dengan mitra lainnya. Meskipun strategi ini inovatif, Tokopedia PLUS mendapat sentimen negatif sebesar 43% saat pendengaran sosial pada bulan November 2022, dan angka ini memburuk menjadi 93,1% akibat beberapa perubahan kebijakan dalam aplikasi. Oleh karena itu, penelitian ini menyelidiki niat untuk mengadopsi Tokopedia PLUS, dengan menggunakan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Melalui survei yang ditujukan kepada pelanggan Tokopedia PLUS, data kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM. Temuan penelitian menunjukkan bahwa harapan upaya, nilai harga, motivasi hedonik, dan kondisi yang memfasilitasi adalah faktor prediktor yang signifikan terhadap niat perilaku, dan niat perilaku merupakan faktor signifikan dalam memprediksi adopsi Tokopedia PLUS. Temuan penelitian ini memberikan masukan bagi manajemen Tokopedia untuk secara strategis memperbarui penawaran dan pemasaran mereka. Selain itu, penelitian ini menyajikan empat rekomendasi yang sejalan dengan tren saat ini dan temuan penelitian. Pertama, penelitian ini menyarankan pemanfaatan keberadaan digital Tokopedia PLUS dengan mempromosikan secara agresif dan menciptakan iklan yang menggugah emosi. Kedua, membuat konten pengingat yang terus-menerus mengingatkan mereka yang tertarik oleh strategi pertama. Ketiga, mengimplementasikan paket langganan yang dipersonalisasi yang memungkinkan penyesuaian harga dan manfaat untuk lebih memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen secara spesifik. Terakhir, penelitian ini mengusulkan pengenalan fitur menarik yang bertujuan untuk mempertahankan pengguna PLUS yang sudah ada dan mendorong mereka untuk mempromosikan langganan ini kepada teman dan anggota keluarga mereka.