digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP BRIGITTA ANINDYA 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Pada era perwujudan Sustainable Development Goals (SDGs), pembangunan Indonesia dalam skala nasional dan lokal secara partisipatif mengarah kepada langkah antisipasi bonus demografi Generasi Indonesia Emas 2045. Pelibatan remaja Indonesia turut menggerakkan perwujudan SDGs sebagai wawasan lingkungan. Proyek aktivitas menjadi wadah bagi remaja dalam mengasah kepemimpinan sesuai tahap perkembangan kognitif. Perancangan ini bertujuan merumuskan strategi dan konsep desain branding untuk membangun proyek aktivitas yang meningkatkan kepemimpinan berbasis lingkungan bagi remaja Sekolah Menengah Pertama (SMP). Perancangan ini melibatkan studi kasus SMP Santa Ursula Jakarta sebagai sekolah homogen perempuan dengan visi dan misi menuju wawasan global dan basis teknologi. Perancangan ini menggunakan kombinasi pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui observasi lapangan, wawancara guru, dan kuesioner kepada siswa. Menerapkan tahapan Design Thinking, branding proyek aktivitas yang dirumuskan dengan analisis terhadap budaya perusahaan diujikan melalui testing secara langsung kepada siswa. Perancangan menghasilkan Graphic Standard Manual untuk pengaplikasian branding dan Communication Guide sebagai panduan pelaksanaan proyek aktivitas. Melalui perancangan ini, disimpulkan adanya peluang meningkatkan kesadaran mengenai SDGs kepada siswa SMP, perlunya perumusan konten secara berjenjang dengan adanya perbedaan karakteristik Remaja Awal dan Remaja Pertengahan, serta adanya pengaruh budaya perusahaan yang kuat dalam proses pembuatan strategi branding.