digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Di Kota Bandung, terdapat sistem pemungutan tarif parkir bahu jalan elektronik yang memanfaatkan meteran atau terminal parkir elektronik (TPE) untuk menyediakan antarmuka bagi penerima jasa parkir (PJP) yang dapat secara langsung meneruskan dana pembayaran parkir ke sistem kas pemerintahan kota sehingga praktik retribusi parkir liar dapat diminimalkan dan pendapatan parkir pemerintahan dapat meningkat. Namun pada praktiknya, sistem ini dinilai belum dapat merealisasi tujuan sistem akibat kurangnya pemanfaatan sistem oleh PJP. Pembayaran tarif parkir bahu jalan melalui sistem berbasis TPE dinilai kurang diminati PJP. Di sisi lain, pengembangan dan pengoperasian sistem berbasis TPE membutuhkan biaya yang dinilai tinggi sehingga ketika pemasukan parkir melalui TPE tidak maksimal, maka pemkot justru mengalami kerugian finansial. Dengan ini, terdapat peluang untuk merancang alternatif bentuk sistem pemungutan tarif parkir bahu jalan elektronik di Kota Bandung yang dapat meningkatkan kemauan PJP untuk melakukan pembayaran tarif parkir bahu jalan melalui sistem elektronik sekaligus menawarkan biaya modal dan pengoperasian yang lebih rendah dibandingkan sistem terkini. Tugas akhir ini menghasilkan solusi berupa rancangan sistem pemungutan tarif parkir bahu jalan berbasis aplikasi di Kota Bandung yang dapat meningkatkan kemauan PJP untuk membayar tarif parkir bahu jalan melalui sistem elektronik dan menawarkan biaya modal dan pengoperasian yang lebih rendah dibandingkan sistem berbasis TPE. Pada konteks pengembangan sistem, tugas akhir hanya dilakukan sampai tahap penciptaan prototipe sistem. Metodologi tugas akhir yang digunakan adalah design thinking. Pada tahap penciptaan prototipe, perancangan sistem dilakukan dengan membagi lapisan arsitektur menjadi lapisan bisnis dan sistem informasi. Sistem yang dirancang menawarkan perubahan pada aspek mekanisme pricing enforcement serta antarmuka sistem bagi PJP untuk memesan sesi parkir. Pada lapisan sistem informasi, terdapat rancangan aplikasi web yang dapat digunakan PJP untuk memesan sesi parkir dan aplikasi dasbor bagi UPT Parkir Dishub Kota Bandung untuk mengatur variabel pemungutan tarif, melihat informasi pemasukan, dan melakukan pricing enforcement. Hasil rancangan yang diciptakan adalah desain sistem yang dideskripsikan dengan diagram-diagram UML dan prototipe high-fidelity antarmuka aplikasi. Hasil rancangan diuji untuk memastikan bahwa sistem yang dirancang mampu meningkatkan kemauan PJP untuk membayar tarif parkir bahu jalan melalui sistem elektronik dan menawarkan biaya keseluruhan yang lebih rendah dibandingkan sistem terkini. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem yang dirancang mampu meningkatkan kemauan PJP untuk membayar melalui sistem dengan menawarkan tingkat learnability sistem yang lebih tinggi, meningkatkan efisiensi penggunaan dengan mengurangi upaya mobilisasi PJP, dan menyediakan opsi metode pembayaran yang lebih diminati. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa sistem yang dirancang diestimasi menawarkan biaya keseluruhan yang 96,93% lebih murah dibandingkan sistem terkini.