Dota 2 merupakan video game online bergenre MOBA (multiplayer online battle
arena) yang memiliki 123 karakter yang dapat dimainkan yang disebut hero. dalam
desain karakter hero di Dota 2 dapat ditemukan penggambaran stereotipe gender
perempuan. Penelitian ini adalah mencari tahu bagaimana gender perempuan
digambarkan dalam desain karakter Dota 2 khususnya yang memiliki bentuk
struktur tubuh manusia dan humanoid. Dengan menggunakan analisis isi kualitatif,
karakter hero perempuan Dota 2 akan diinterpretasi secara sistematis dengan
menggunakan pengkodean untuk mendapatkan sebuah makna yang termasuk
kedalam penggambaran stereotipe gender perempuan. Didapatkan bahwa karakter
perempuan memiliki dua penggambaran seterotipe yang terdapat dalam video
games. Yaitu stereotipe bahwa perempuan adalah gender yang dianggap lemah dan
sebagai objek seksual. Pada penggambaran stereotipe perempuan yang lemah, dapat
ditemukan pada karakter Marci dengan posenya yang tertutup. Perempuan dengan
penggambaran stereotipe sebagai objek seksual dapat dijumpai pada karakter
Queen of Pain dari segi pose dengan dada yang membusung, pakaian yang
menyerupai bikini, serta high heels yang digunakannya.