Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, merupakan destinasi wisata
unggulan yang berada di Kalimantan Timur, Indonesia. Kepulauan Derawan
memiliki 4 pulau yang menjadi daya tarik utama yaitu, Pulau Maratua, Pulau
Kakaban, Pulau Sangalaki dan, Pulau Derawan. Selain keindahan wisata alamnya,
Kepulauan Derawan juga menawarkan fasilitas dan kegiatan menarik lainnya mulai
dari resort yang berstandar internasional hingga aktifitas wisata air seperti dive site
dan snorkeling. Namun media promosi yang masih terbatas dan belum maksimal,
membuat Kepulauan Derawan masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan
nusantara yang berada di luar Pulau Kalimantan. Melalui media digital saat ini,
yaitu Virtual Tour Wisata, diharapkan dapat memperkenalkan Kepulauan Derawan
secara lebih menarik. Perancangan ini bersifat simulatif dan informatif, berbasiskan
video dan gambar 360° dengan narasi visual yang menampilkan potensi daya tarik
wisata di Kepulauan Derawan, dengan hasil akhir yang akan di hosting ke website.
Perancangan ini menggunakan tahapan proses perancangan seperti, pra produksi,
produksi, dan pasca produksi, yang diadaptasi dari pendakatan Design Thinking.
Pada tahapan pra produksi terdapat emphatize, define, dan ideate, untuk riset data
awal. Kemudian masuk pada tahap produksi yaitu prototype, dilakukan observasi
terkait konten perancangan dan pembuatan idintitas perancangan. Tahap terakhir
yaitu pasca produksi melalui test, hasil dari perancangan Virtual Tour Wisata yang
telah di hosting ke website akan diuji dengan metode kualitatif. Berdasarkan hasil
dari uji coba tersebut, dapat disimpulkan bahwa perancangan Virtual Tour Wisata
untuk memperkenalkan Kepulauan Derawan, dapat menjadi media pengenalan
yang menarik bagi target pengguna dan menimbulkan minat wisatawan nusantara
untuk berkunjung langsung ke Kepulauan Derawan.