digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TS PP TAZKIA WELONG 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos

Fashion merupakan kombinasi atau perpaduan dari gaya atau style dengan desain yang cenderung dipilih, diterima, digemari dan digunakan oleh mayoritas masyarakat yang akan memberi kenyamanan dan membuat lebih baik pada satu waktu tertentu. Fashion juga digunakan untuk menegaskan baik keanggotaan pada suatu kelompok budaya dan sosial maupun identitas personal atau individual. Kegiatan bermotor identik dikenal sebagai kegiatan untuk laki-laki. Kebanyakan komunitas pemotor yang dikenal dekat oleh masyarakat pun didominasi oleh anggota laki-laki. Girl’s Day Out merupakan komunitas yang terbentuk oleh kumpulan perempuan di kota Bandung yang menggemari kegiatan bermotor. Berangkat dari skena Kustom Kulture yang tengah tumbuh di Indonesia, gaya fashion para anggotanya memiliki estetik tersendiri. Adanya Girls Day Out membantu memperkenalkan fashion Kustom Kulture dan merubah stigma komunitas motor, khususnya mengenai pemotor perempuan yang ada di masyarakat awam. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji wujud dan peran fashion yang terdapat dalam Kustom Kulture khususnya pada komunitas pemotor perempuan Girl’s Day Out di kota Bandung. Penelitian berupa analisa mendalam terhadap gaya berbusana anggota komunitas pemotor perempuan Girl’s Day Out dengan menjabarkan unsur-unsur estetik pada busana mulai dari siluet atau garis, bentuk, warna hingga tekstur, mengidentifikasi visual gaya yang dipengaruhi budaya Kustom Kulture, juga bagaimana responden tersebut mengkomunikasikan identitas diri baik secara pribadi maupun dalam komunitas melalui gaya berbusana masingmasing. Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan suatu formula dalam mengidentifikasi visual fashion kustom kulture khususnya pada pemotor perempuan, juga memaparkan fungsi lain dari fashion yakni sebagai alat mengkomunikasikan identitas.