digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tren barang fashion mewah sangat tinggi di beberapa negara, termasuk Jakarta. Pasar barang mewah di Indonesia yang semakin berkembang setiap tahunnya menyebabkan konsumsi barang mewah pun meningkat. Dengan bertumbuhnya pasar barang mewah di Indonesia, penting untuk mempelajari faktor-faktor yang mendorong perilaku pembelian busana mewah konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami perilaku konsumen fesyen mewah Indonesia dan bagaimana peran persepsi nilai merek dan keterikatan merek berdampak pada perilaku tersebut, spesifiknya di Jakarta. Penelitian ini didasarkan pada survei terhadap konsumen barang mewah aktual yang telah membeli produk dari dua kategori merek mewah internasional (Pakaian, Alas Kaki, dan Tas). Penelitian ini menguji beberapa variabel yang terdiri dari persepsi nilai fungsional, persepsi nilai pribadi, dan persepsi nilai sosial, untuk mengetahui faktor mana yang paling berpengaruh terhadap niat responden membeli barang mewah. Untuk analisis data pada penelitian ini digunakan SMART PLS dan PLS SEM.