digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP ANGGUN ARISANI 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Masa anak-anak terutama usia awal sekolah merupakan masa seorang anak untuk bertumbuh dan berkembang. Namun dalam rentang usia tersebut, anak-anak juga dihadapkan dengan kasus perundungan atau bullying yang seringkali ditemukan dalam kelompok teman sebaya. Bullying adalah pengalaman yang terjadi ketika seseorang merasa teraniaya oleh tindakan orang lain dan ia takut apabila perilaku buruk tersebut akan terjadi sedangkan korban merasa tidak berdaya untuk mencegahnya. Bullying tidak lepas dari adanya kesenjangan kekuatan antara korban dan pelaku serta diikuti pola repetisi. Bullying dapat terjadi karena kecenderungan pendidikan karakter yang ditanamkan oleh pihak sekolah atau keluarga kurang sesuai bagi anak-anak. Perancangan ini bertujuan sebagai media pencerita dengan bantuan ilustrasi yang menarik dengan menggunakan pendekatan dari sisi anak. Studi juga menemukan, orangtua dan anak yang membaca buku fisik memiliki hubungan lebih hangat dan tidak ragu menunjukkan rasa saling menyayangi. Dalam perancangan ini, proses penyampaian karya dilakukan dengan menonjolkan pesan melalui pesan-pesan visual yang memuat pemahaman terhadap pendikan karakter berupa sikap yang benar saat menghadapi pembuli. Anak didorong mengenal dirinya lebih jauh untuk menciptakan self-worth dan rasa percaya diri pada anak serta lebih membuka diri, terutama pada orang tua dan guru, sehingga dapat menjadi alternatif upaya pembekalan serta media yang ramah guna mencegah bullying di sekolah.