Transformasi digital membawa perubahan pada kebiasaan manusia dalam melakukan aktivitas
sehari-hari. Hal ini dipicu dengan perkembangan yang pesat dengan adanya internet sebagai
teknologi yang saat ini menjadi kebutuhan banyak orang. Menyadari hal itu, implementasi
penggunaaan internet mulai mencakup banyak aspek termasuk media hiburan. Di sisi lain
dengan pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada beberapa industri yang terdisrupsi
oleh kehadiran teknologi saat ini. Pada media informasi dan hiburan, radio dan televisi menjadi
salah satu industri yang sedang merasakan effect dari disrupsi yang diakibtakan transformasi
digital. SVARA Online App adalah layanan streaming audio yang menawarkan konten audio
yang memiliki kemampuan mencakup semua jenis konten audio, seperti musik, podcast, dan
radio. SVARA Online App menghadirkan pengalaman streaming konten audi dengan
kemampuan menyediakan live event musik dan interaksi pesan singkat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesadaran merek pada pengguna
layanan streaming audio dan merancang strategi marketing komunikasi terintegrasi untuk
meningkatkan kesadaran merek. Pada penelitian ini dterapkan dua analsis untuk
mengidentifikasi masalah utama yang melingkupi analisis internal dan external. Analisis
internal ditujukan untuk mengidentifikasi landasan bisnis dengan analisis marketing mix (4P),
analisis STP, dan analisis sumber daya dan kemampuan perusahaan. Pada analisis external
ditujukan untuk mengetahui faktor luar yang mempengaruhi perusahaan dengn penerapan
analisis PEST, analisis competitor dan analisi consumer. Berdasarkan hasil analisis internal
dan external dijadikan bahan acuan untuk menganalisi SWOT yang pada nantinya akan diolah
menjadi solusi alternatif dengan penerapan analis TOWS Matrix yang akan direkomendasikan
sebagai acuan solusi pada permasalahan perusahaan.
Hasil analisis menunjukan adanya masalah pada kesadaran pengguna layanan streaming audio
terhadap merek SVARA yang perlu ditingkatkann. Berlandaskan dari temuan masalah tersebut,
perlu adanya implementasi strategi pada komunikasi pemaran yang terintegrasi untuk
meningkatkan kesadaran merek SVARA. Pada rancangan strategi ini mengusulkan untuk
mengoptimalisasi komunikasi pemasaran melalui pengiklanan melalu media sosial dan relasi
publik yang telah dilakukan oleh perusahaan. Selain peningkatan pemasaran dengan promosi
sale, pemasaran langsung dan melibatkan influencer dan brand ambassador sebagai penguat
komunikasi pemasaran.