digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Transformasi digital membawa perubahan pada kebiasaan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Hal ini dipicu dengan perkembangan yang pesat dengan adanya internet sebagai teknologi yang saat ini menjadi kebutuhan banyak orang. Menyadari hal itu, implementasi penggunaaan internet mulai mencakup banyak aspek termasuk media hiburan. Di sisi lain dengan pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada beberapa industri yang terdisrupsi oleh kehadiran teknologi saat ini. Pada media informasi dan hiburan, radio dan televisi menjadi salah satu industri yang sedang merasakan effect dari disrupsi yang diakibtakan transformasi digital. SVARA Online App adalah layanan streaming audio yang menawarkan konten audio yang memiliki kemampuan mencakup semua jenis konten audio, seperti musik, podcast, dan radio. SVARA Online App menghadirkan pengalaman streaming konten audi dengan kemampuan menyediakan live event musik dan interaksi pesan singkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesadaran merek pada pengguna layanan streaming audio dan merancang strategi marketing komunikasi terintegrasi untuk meningkatkan kesadaran merek. Pada penelitian ini dterapkan dua analsis untuk mengidentifikasi masalah utama yang melingkupi analisis internal dan external. Analisis internal ditujukan untuk mengidentifikasi landasan bisnis dengan analisis marketing mix (4P), analisis STP, dan analisis sumber daya dan kemampuan perusahaan. Pada analisis external ditujukan untuk mengetahui faktor luar yang mempengaruhi perusahaan dengn penerapan analisis PEST, analisis competitor dan analisi consumer. Berdasarkan hasil analisis internal dan external dijadikan bahan acuan untuk menganalisi SWOT yang pada nantinya akan diolah menjadi solusi alternatif dengan penerapan analis TOWS Matrix yang akan direkomendasikan sebagai acuan solusi pada permasalahan perusahaan. Hasil analisis menunjukan adanya masalah pada kesadaran pengguna layanan streaming audio terhadap merek SVARA yang perlu ditingkatkann. Berlandaskan dari temuan masalah tersebut, perlu adanya implementasi strategi pada komunikasi pemaran yang terintegrasi untuk meningkatkan kesadaran merek SVARA. Pada rancangan strategi ini mengusulkan untuk mengoptimalisasi komunikasi pemasaran melalui pengiklanan melalu media sosial dan relasi publik yang telah dilakukan oleh perusahaan. Selain peningkatan pemasaran dengan promosi sale, pemasaran langsung dan melibatkan influencer dan brand ambassador sebagai penguat komunikasi pemasaran.