COVER Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 7 Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 8 Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Muhammad Arif Sadewo
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan
Terminal Kijing merupakan salah satu terminal di Pelabuhan Pontianak yang
merupakan gerbang perekonomian di Kalimantan Barat. Pembangunan Terminal
Kijing dijadikan sebagai salah satu proyek strategis nasional dan merupakan bentuk
solusi dari ketidakmampuan Terminal Dwikora dalam menangani kapal besar. Dalam
rencana kegiatan operasional pelabuhan tentunya akan menimbulkan beberapa
masalah lingkungan yang berpengaruh terhadap kualitas air, energi, udara,
kebisingan, dan pengelolaan limbah. Konsep Green Port diterapkan sebagai langkah
untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Indonesia saat ini juga
berkomitmen untuk menerapkan net zero emission pada tahun 2060 mendatang dan
menurunkan emisi karbondioksida pada tahun 2030. Isu ini dijadikan sebagai isu
prioritas dalam presidensi G20 Indonesia 2022.
Pada tugas akhir ini akan dibahas mengenai penerapan konsep Green Port di
Terminal Kijing dengan elektrifikasi alat bongkar muat dan alat penanganan peti
kemas. Dengan elektrifikasi alat bongkar muat dan penanganan peti kemas akan
mencapai net zero emission pada lingkungan pelabuhan baik area dermaga maupun
lapangan penumpukan. Pemilihan alat elektrik juga berpengaruh terhadap desain
layout dan pola operasi serta tarif penanganan peti kemas. Dari proses desain yang
telah dilakukan diperoleh kapasitas penanganan peti kemas di dermaga sebesar
2.355.371 TEU/tahun dan 2.375.805 TEU/tahun pada area lapangan penumpukan.
Penerapan konsep Green Port hasil desain juga dapat mengurangi emisi
karbondioksida sebesar 15-70% dan dapat menghemat biaya bahan bakar hingga
76,97% jika dibandingkan dengan penggunaan alat biasa.